Bersama Dirlantas Polda Sulbar, RAC-19 turun ke jalan lawan Virus Corona

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Mamuju – Upaya pemerintah dan masyarakat untuk memutus rantai penularan virus corona semakin terlihat, kegiatan serupa juga dilakukan oleh organisasi-organisasi sosial dan kelompok masyarakat.

Salah satu kelompok relawan anti Covid-19 yang disingkat RAC-19 turun ke jalan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dalam menghadapi ancaman virus corona yang semakin merebak.

Relawan Anti Covid-19 (RAC-19) sendiri dibentuk pada hari Senin, (23/3/20) oleh 9 orang inisiator, yaitu, Minta Jaya Ginting, Imran, Irdan, Adi Manjaya Putra, Dedi Ramadhan, Andi Aso, Shandy, Wahyudi dan Unggink.

Sejak tanggal, 24 Maret 2020 sampai hari ini, RAC-19 telah melakukan penyemprotan disinfektan di 50 titik, diantaranya rumah ibadah, tempat usaha, rumah warga, Kampus Tomakaka Mamuju, RSUD Kab. Mamuju, Dinas Pendidikan Sulbar, RRI Mamuju, dan BPKP Sulbar.

Ketua RAC-19, Minta Jaya Ginting

Ketua RAC-19, Minta Jaya Ginting mengatakan, Proses penyemprotan disinfektan ini akan terus kami lakukan sampai Pendemi Virus Covid-19 ini hilang dari Sulbar. Kami juga menyediakan mesin semprot dan disinfektan gratis sebanyak 5 unit yang setiap saat bisa kami pinjamkan jika ada warga ataupun instansi yang ingin melakukan penyemprotan mandiri, ujarnya.

Pembagian Disinfektan gratis kepada masyarakat telah dilakukan sebanyak 2x yaitu pada tanggal 28 Maret 2020 dan 4 April 2020, dan telah terdistribusi kepada 500 KK sebanyak kurang lebih 1200 Liter. Program ini akan terus kami lakukan sampai masyarakat bisa mandiri menyediakan disinfektan sendiri untuk kebutuhan rumah dan lingkungannya, tambahnya.

Edukasi tentang Virus Covid-19, protokol keamanan, gejala penderita dan himbauan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, berupa pembagian baliho gratis sebanyak kurang lebih 50 lembar. Pembuatan baliho ini, RAC-19 bekerjasama dengan Raja Printing Mamuju yang beralamat di Jl. Pengayoman Mamuju.

Lanjutnya, pembagian masker gratis tahap 1 sebanyak 2000 pcs telah terdistribusi di Mamuju dan Mamuju Tengah, sementara pembagian Masker Gratis Tahap 2 sebanyak 5000 pcs akan didistribusikan kepada masyarakat, hari ini, Kamis, (8/4) di Mamuju dan Mamuju Tengah. Untuk Mamuju Tengah pembagian masker berpusat di Kantor Pertanahan Mamuju Tengah bekerjasama dengan RAC-19.

RAC-19 akan terus bergerak secara berkelanjutan sampai berakhirnya Pendemi Virus covid-19 ini di Sulawesi Barat, adapun rencana kerja dan target pencapaian ke depan sbb:
• Pembagian Masker Tahap 3 akan dilakukan sekitar tanggal 23-27 April 2020 Insha Allah sebanyak 5.000-10.000 masker gratis.
• Pembagian Handsanitizer gratis akan dilaksanakan 17-25 April 2020, Insha Allah sebanyak 5.000 pcs botol spray 35 ml, 50 ml dan 100 ml.
• Pemberian bantuan medis ke Puskesmas dan RS berupa Alat Pelindung Diri (APD) akan dilakukan dlm bulan April 2020 – Juni 2020, saat ini sudah dikirim dari Surabaya. Tinggal ditunggu tiba di Mamuju untuk Tahap 1. Kami akan lakukan bertahap, tergantung situasi dan kondisi di Mamuju.

Pembagian Sembako bagi keluarga terdampak khususnya kaum dhuafa dan yatim RAC-19 akan di suplay akhir bulan April 2020 sampai Akhir Juni 2020. Akan dilakukan beberapa tahap.Target bisa didistribusikan sembako kepada 1.000 KK sekawasan Mamuju.

Tim Relawan Anti Corona – 19 Mamuju telah melakukan kegiatan pembagian masker di sejumblah titik di antara nya Pasar Baru,Pasar Lama,Pedagang Kaki Lima Sepanjang Jl. Martadinata sampai Gubernuran,Pondok Yatim Kali Mamuju,Pondok Yatim Simpang 5, depan Yasdi Motor,Forum Gereja Mamuju,Driver Ojol, Masyarakat disamping stadion,Seputaran Belakang RSUD Mamuju dan Nelayan pra sejahterah.

Direktur Lalu Lintas polda sulbar Kombes Pol I Made Darmadi Giri beserta 30 anggota satlantas turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Keikut sertaan jajaran Dirlantas Polda Sulbar dalam kegiatan ini untuk mendampingi dan membantu pengamanan selama proses pembagian masker.

Kami sangat berucap syukur atas bantuan bapak Dirlantas Polda Sulbar dan jajarannya sehingga kegiatan kami ini berjalan dengan lancar kami juga berharap kegiatan kami selanjutnya akan tetap didampingi oleh jajaran Polda Sulbar. “Hal yang paling terindah ketika kita bahagia dalam berbagi,” pungkas Bung Ginting.

 

 

Reporter : Rizal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *