Disnakertrans Banten baru terima 9.180 pendaftar kartu prakerja dampak Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Serang – Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan pemerintah dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan yang digagas dalam Presiden RI Joko Widodo.

Saat ini pemerintah Provinsi Banten sedang mendata jumlah korban pemutusan hubungan kerja (PHK) imbas pandemi covid -19.

Pemerintah Propinsi Banten melalui Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten pasca peluncuran Kartu Pra Kerja telah menerima 9.180 orang data peserta Pra Kerja melaui pendaftaran online dari Kabupaten/Kota yang tersebar di Provinsi Banten melalui via website Disnakertrans Provinsi Banten.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten H.Al Hamidi,S.Sos,M.si mengatakan pihaknya telah menerima data tenaga kerja Penerima Kartu Pra Kerja dampak dari kasus Pandemi covid-19 yang selanjutnya akan diverifikasi serta dikirimkan ke Kementerian Tenaga Kerja.

“Ini merupakan data awal yang kita terima dari Kabupaten/Kota melalui pendaftaran secara online. Jika datanya lengkap dan benar, selanjutnya akan disetujui oleh Kementerian Tenaga Kerja,” kata Kadisnakertrans Provinsi Banten melalui sambungan telepon baru-baru ini.

“Sesuai Kementerian (Kemenaker) menyampaikan, paling lambat tanggal 4 kemarin dan data yang kita terima baru 9.180 orang. Kita kirimkan dulu beberapa yang ada, kalo nanti masih ada yang mendaftat kita tampung lagi dan kita kirimkan lagi ke pusat,” tambah Hamidi.

Lebih jauh Kadisnakertrans Provinsi Banten mengatakan untuk katagori orang yang menerima Kartu Pra Kerja itu by nama by address berusia diatas 18 tahun,dan kena PHK oleh perusahaan akibat pembatasan sosial karena covid -19.Data itu yang kita minta harus ada KTP, no Induk Kependudukan, no Hp dan email termasuk perusahaannya.Setelah semua data pekerja diterima oleh Disnaker Kabupaten/Kota, dilanjutkan dengan verifikasi oleh tim untuk memastikan apakah yang bersangkutan betul betul di PHK, terhitung pada bulan Maret, saat ditetapkannya status pandemi covid-19.

“Jadi setelah data lengkap dan diveifikasi, baru selanjutnya diminta nomor rekening yang bersangkutan. Sesuai dengan orang per orang yang sudah diusulkan. Mereka nanti akan menerima bantuan sebesar Rp.600.000 selama 4 bulan kedepan dimulai pada bulan April ini,” ungkapnya sambil mengakhiri sambungan via telephone genggamnya.

Berikut data usulan calon penerima Kartu Pra Kerja, Kota Tangerang 1.583, Kota Tangerang Selatan 1.858, Kabupaten Tangerang 867, Kabupaten Serang 1.402 orang dan Kabuotaten/ Kota lainnya.

Formulir melalui Online https://bit.Iy/3aDyjGh. 3.445 orang dengan total keseluruhan 9.180 orang.

(Reporter: Soleh)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *