Teriakan rakyat miskin, Program PKH di Lampung Barat diduga dimanfaatkan sejumlah oknum

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Adanya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu (Masyarakat Miskin) dari Pemerintah,diduga bantuan tersebut tidak tepat sasaran dan dimanfaatkan oleh sejumlah oknum.

Hal ini menanggapi banyaknya informasi masyarakat Lampung Barat bahwasanya,penerima bantuan PKH yang seharusnya tidak layak lagi mendapatkan,masih saja mendapatkan bantuan untuk membantu keluarga miskin tersebut.

Menurut Keterangan dari Beberapa masyarakat yang ada di Wilayah Kabupaten Lampung Barat,Provinsi Lampung ini mengungkapkan,sebenarnya yang terjadi bukan salah sasaran.Namun kemungkinan penerima saat ini sudah tidak tepat lagi disebut sebagai keluarga miskin.

Bahkan informasinya,ada penerima bantuan untuk keluarga kurang mampu tersebut, memiliki tanah yang lebar,rumah yang bagus dan mempunyai sepeda motor.

“Ya, di Pekon (Desa) ada penerima bantuan Program PKH yang punya tanah lebar,rumahnya bagus dan mempunyai kendaraan.Mereka orang punya (Orang Kaya) tapi masih saja menerima bantuan untuk orang miskin,” kata beberapa sumber di ambil dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat Kepada Mitrapol.Minggu,(19/04/2020).

Menurutnya,warga yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan kerabat dekat Peratin (kepala Desa),sehingga bisa menjadi penerima manfaat bantuan tersebut.

“Kita tidak iri mereka dapat bantuan,hanya saja sedih melihat banyak warga miskin yang terlupakan.masih banyak warga lain yang lebih layak untuk mendapatkan bantuan tersebut” ungkapnya.

Ini terjadi karena peran pendamping sebagai ujung tombak di lapangan diduga tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Kalau di daerah lain sudah ada tindakan, malah sampai ada yang dipidana akibat menerima PKH tidak sesuai ketentuan. Kita berharap di kabupaten Lampung Barat juga demikian,”harapnya.

Disamping itu,lebih lanjut keterangan dari beberapa masyarakat Lampung Barat kepada Mitrapol bahwasanya,Penerima bantuan program tersebut tidak mengindahkan anjuran dari pemerintah.seperti pemasangan stiker di setiap rumah rumah masyarakat yang mendapatkan bantuan Program tersebut.

“Kebanyakannya sama penerima bantuan, setiker anjuran dari pemerintah tidak di pasang mas,Padahal seharusnya setiker itu kan di pasang.ini malah di lepas sama Penerima bantuannya”cetusnya.

Dalam hal ini,masyarakat Lampung Barat berharap kepada Pemerintah,Khususnya Pemerintahan kabupaten Lampung Barat dan Dinas terkait,agar segera menindak lanjuti adanya dugaan ketimpangan ketimpangan dalam Program tersebut.

 

 

Reporter : Deni Andestia

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *