Tarmizi Yazid, ajak semua elemen masyarakat, LSM, Ormas dan Media awasi bantuan dana Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Babel — Wakil ketua Garda Hami propinsi Bangka Belitung ,Tarmizi Yazid menghimbau kepada suluruh elemen masyarakat, baik itu LSM, Ormas dan media, mari bersama-sama kita mengawasi dana bantuan utk masyarakat Bangka Belitung, baik itu dana dari pusat maupun dana APBD Provinsi Bangka Belitung.

Tarmizi Yazid menyampaikan kepada mitrapol.com, agar masyarakat Babel, LSM, Ormas dan Media berperan aktif ikut mengawasi penyaluran dana bantuan, baik itu dari pemerintahan Pusat ataupun dari Pemerintahan Daerah, agar dana bantuan ini bisa sampai dan tersalurkan dengan baik,tepat sasaran dan tidak disalagunakan.

Jika ada satu kejanggalan atau kecurangan dilapangan Laporkan saja kepada aparat penegak hukum. kalau memang ditemukan atau ada yang mencoba bermain-main dengan penyaluran bantuan yang sudah di tetapkan untuk penanganan Covid-19 ini, ujarnya Kamis (30/4).

Saya berharap, ada transparansi dan akuntabilitas dalam penanganan wabah virus corona sekarang ini. Tidak boleh sampai terjadi korupsi di tengah upaya besar kita untuk menghadapi bencana yang luar biasa ini.

Tarmizi juga menyikapi agar aparat penegak hukum untuk bisa menindak tegas siapa pun yang berupaya untuk mengambil keuntungan pribadi di tengah usaha bersama menyelamatkan bangsa dari ancaman virus corona ini.

Tentunya, dana penanggulangan Covid-19 sedemikian besar itu harus tepat sasaran sesuai peruntukannya. Pejabat pemerintahan baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang diberi amanat mengelola dana ini mesti hati-hati dan tidak menyalahgunakan kewenangannya agar penggunaannya tepat sasaran.

Jika tidak, ada ancaman hukuman pidana/hukuman mati bila menyalahgunakan dana tersebut jika dilakukan dalam keadaan bencana, seperti yang terjadi saat ini, dengan status darurat kesehatan masyarakat dan bencana nasional akibat wabah pandemi Covid-19. Ancaman pidana mati ini diatur UU No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang mengancam hukuman pidana mati bagi pelaku korupsi dalam keadaan tertentu.

 

 

Reporter : Serli

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *