DPRD Kaltara lakukan monitoring penanganan wabah Covid-19 di Nunukan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan – Ketua Rombongan DPRD Kaltara H. Andi Muhamaad Akbar Juwarsyah memimpin lawatan ke Nunukan dalam rangka monitoring pelaksanaan penanganan Covid-19 yang melanda 209 Negara, termasuk di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Dari Rombongan DPRD Kaltara asal dalil 4 nunukan diantaranya H. Andi Muhammad Akbar wakil ketua I DPRD Kaltara, Andi Hamsa Wakil Ketua DPRD Kaltara, Marli Kamis, H. Muhammad Nasir S.ip., H. Andi Kasim, dan Hj.Asma Gani.

Menurut Andi akbar, terkait Kunjungan ini kita monitoring penanganan Covid-19 yang ada di Kabupaten Nunukan ini merupakan dari kegiatan anggota DPRD provinsi Dapil Nunukan mengadakan monitoring ke daerah asal pemilihan.

Bagaimana penanganan covid-19 dari medis dan dari tim gugus tugas kabupaten Nunukan apa saja yang menjadi kendala apa saja yang perlu kita bantu dan harus kita support ini kegiatan yang kita lakukan untuk mensupport para tim medis.

Kami memiliki inisiatif sendiri apa harus kita lakukan untuk masyarakat nunukan dan kaki sepakat memberikan bantuan seadanya yang diperlukan oleh Puskesmas khususnya di sedadap ini,, ada beberapa kita berikan bantuan yang kita koordinasi dulu dengan dokter nya sebelum memberikan bantuan jadi ada bantuan dari DPRD provinsi Dapil Nunukan yaitu sepatu boots Kaca mata,cairan disinfektan ,snack snack dan vitamin dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Lanjut Andi Akbar an juga suami Hj.Asmin Laura Bupati nunukan Akbar nanti kita persiapkan yang harus di anggarkan oleh pihak pemprov kita akan suarakan ke pihak pemprov untuk menganggarjan seperti alat-alat PCR dan APD yang di perlukan oleh tim medis itu kita akan suarakan ke pemerintah Propinsi Kaltara.

Khususnya OPD yang menangani ini kan ada di dinas kesehatan kami berjanji bersama dari 10 wakil dari nunukan kita harus suarakan ke dinas kesehatan baik dari kabupaten/provinsi untuk memenuhi kebutuhan puskesmas dan RSUD di Kabupaten Nunukan.

Apa yang dibutuhkan oleh tim medis dan kegiatan ini mungkin kita akan lakukan setiap minggu kalau memang dimungkinkan karena sampai Covid-19 ini berlalu kita pantau terus membantu Kabupaten.

Saat ditanya wartawan apakah ada berbentuk bantuan anggaran dari provinsi ke kabupaten?

Andi Akbar mengatakan, ada ini lagi siapkan ucapkan lagi ada revisi anggaran nanti ini kan ada berapa kesiapan pemerintah provinsi dan kabupaten karena ini kan estimasi anggaran yang diperlukan berapa tapi nanti dari pusat yang memberikan dari pusat yang akan memberikan itu dari pusat yang akan memberikan berapa anggaran yang dibutuhkan oleh kabupaten atau kota atau provinsi ini refusing anggaran dulu berapa yang harus diperlukan masih estimasi.

Apakah ada anggaran provinsi kepada kabupaten nunukan untuk membantu dalam penaganan Covid-19

Andi akbar menyebut ada berbentuk bantuan subsidi bagi orang yang menegah membutuhkan seperti rekining atau bantuan langsung/tunai sebesar Rp 600.000/kartu Keluarga (KK) tapi itu melalui tahapannya memang prosedurnya masih berjalan koordinasi dengan tingkat kabupaten.

Kabupaten Koordinasi tingkat RT dan desa Kelurahan higga tingkat kecamatan yang mana betul betul dibutuhkan untuk masyarakat ini Bantuan Langsung Tunai (BLT ) ini sudah berjalan ini baru tahap pertama masih mendetail lagi.

Kalau tidak saya kaltara kan ada 17.000-an Kk di seluruh kabupaten kota tetapi di Nunukan paling besar kita dapat 8.000, dari 8000 Kk jadi inilah tugas kabupaten kota untuk mendata.

itu yang 8000 berdasarkan data dari Kementerian sosial yang dulunya masih data lama jadi kita harus upgrade Harus melihat yang mana.

Apakah data ini terjadi Perubahan harus kita lihat lagi kita turun ke lapangan melihat langsung Apa memang betul-betul membutuhkan atau tidak layak jangan sampai bantuan itu tidak tepat sasaran sudah memenuhi persyaratan untuk tidak diberi bantuan.

tetapi diterima jadi ini kan data Kementerian sosial yang harus kita cek kembali ke lapangan kata Andi Akbar yang sudah dua Periode menjabat ebagai anggota dprd Propinsi Kaltara dari partai Hanura mewakili kabupaten nunukan.

Lanjut Andi Akbar bahwa kita Menunjukan tidak saja berkunjung ke puskesmas puskesmas tetapi kita juga mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Nunukan dan melihat langsung Ruangan Isolasi para Pasien yang sedang di isolasi perawatan selain itu kita juga melihat langsung Rusunawa dan kita juga melihat Sekertariat Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 untuk nunukan kalimantan utara. Demikian wawancara H.Andi Muhammad AkbarJuwarsyah jabatan wakil Ketua I DPRD provinsi Kalimantan utara.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *