Lindungi karyawannya dari virus Corona, PT. FI jalin kordinasi bersama Satgas Covid-19 Mimika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Mimika – Upaya mencegah dan memutus mata rantai sebaran virus Corona Disease (Covid-19), PT. Freeport Indonesia (PT. FI) terus gencar menjalin koordinasi bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Papua.

Tujuanya agar melindungi dan karyawan perusahaanya dari risiko sebaran virus corona di area kerja PT. Freeport Indonesia.

Berbagai upaya diantaranya, memaksimalkan karyawan dalam penerapan physical distancing, menyiapkan fasilitas medis di area Tembagapura dan area Timika serta menutup akses keluar masuk wilayah Tembagapura.

“Dengan melorotnya pasar komoditas global ditengah Pandemi Covid-19, PT. FI sebagai Obyek Vital Nasional, kegiatan operasional kita sampai saat ini tetap berjalan” Kata Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama dalam rilis yang diterima MITRAPOL, Minggu (3/5).

 

 

Menurutnya, hal ini dilakukan demi melancarkan bahan baku industri terus tersedia, selain itu untuk mendukung roda perekonomian lokal dan nasional terus bergerak, kemudian menghidupkan tambang terus produktif dan tetap stabil namun keamanan dan kesehatan karyawan menjadi prioritas utama.

“Sejak merebaknya Pandemi Covid-19, kami menerapkan larangan keluar masuk penumpang di area Freeport termasuk dari dan keluar negeri sesuai dengan arahan dari Pemerintah,” ujar Riza.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya gencar melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan melakukan pemeriksaan rapid test terhadap karyawan yang diduga terpapar Covid-19, setelah melalui pemeriksaan, bila dicurigai adanya karyawan yang terindikasi Covid-19, diwajibkan untuk tidak bekerja dan diarahkan ke tim medis untuk pemeriksaan lanjutan.

“Kami juga gencar sosialisasi untuk penerapan physical distancing (jaga jarak fisik) melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kantor dan area kerja, serta secara aktif merilis berbagai konten edukasi bagi karyawan,” terangnya.

Menurutnya, aktifitas kegiatan operasional pengangkutan logistik dan bahan makanan tetap berjalan meskipun menutup akses keluar masuk manusia di area Tembagapura sejak 26 Maret 2020 lalu.

Dr. Firdy Permana, selaku Public Health Manager dari International SOS yang bergerak sebagai penanganan kesehatan karyawan PT. FI menyatakan, pihaknya siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi pada kesehatan karyawan serta aktif menjalin sinergitas bersama Satgas Covid-19 Mimika.

“Kami secara aktif berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 untuk upaya pencegahan penularan dan penanganan COVID-19 seperti melakukan pelacakan (tracking) dan pengawasan (surveillance) melalui rapid test dan PCR test agar mengidentifikasi sedini mungkin adanya karyawan yang terpapar covid-19 sehingga dengan cepat memutus mata rantai sebaran Corona,” ujar dr. Firdy.

dr. Firdy juga menyatakan, PT. FI saat ini telah menambah pasokan alat medis seperti alat pelindung diri (APD), Ventilator, serta menyiapkan ruang-ruang karantina dan isolasi di rumah sakit, klinik, maupun sejumlah barak karyawan dalam menghadapi pandemi Corona yang direlokasi menjadi area monitoring.

Ditempat terpisah, Reynold Ubra selaku Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid19 Mimika mengatakan, PT. FI bersama Satgas Covid-19 Mimika selalu menjalin kordinasi terkait perkembangan dan penanganan peredaran Corona di Tembagapura.

“Kami berkoordinasi erat dengan manajemen PT. Freeport Indonesia guna memastikan upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid 19, tentunya berjalan sesuai protokoler, Tim Freeport juga telah menyiapkan tenaga ahli dan tambahan tenaga medis untuk penanganan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Reynold mengatakan, sejauh ini pihak PT. FI sangat kooperatif mendukung Pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian virus Corona di Kabupaten Mimika.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *