Belum terima bansos Covid-19, warga Hangaiji, Mimika lakukan aksi palang jalan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Warga Kampung Hangaiji, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua, memalang ruas Jalan Cenderawasih tepatnya di depan perumahan Pemda dalam rangka menuntut pemerintah segera menyalurkan bantuan sosial ditengah pandemik Covid-19, Senin (4/5/2020).

Pemalangan menggunakan kayu dan ranting pohon mengakibatkan pemutusan arus kendaraan dari sisi kanan dan kiri jalan.

Didalam aksi pemalangan, warga membentangkan spanduk yang bertuliskan, “Kami seluruh lapisan masyarakat Kampung Hangaitji mengadakan aksi tuntutan yaitu, meminta perhatian, bantuan Bama dari Pemerintah. Kami meminta Pemerintah Kampung Hangaitji dan Distrik Mimika Baru untuk meminta perhatian bantuan Bama Covid-19. Kami dari seluruh masyarakat Distrik Mimika Baru dan kampung Hangaitji meminta kehadiran bapak Kepala Distrik Mimika Baru dan kepala kampung Hangaitji”. Demikian uraian yang tertulis dalam spanduk yang dibentangkan.

Pemalangan kembali dibuka pasca pihak kepolisian dipimpin Kapolsek Mimika Baru Kompol. Sarraju, SH bernegosiasi dengan warga.

Disamping itu, mewakili pemerintah, Cristian Karubaba selaku salah satu dari Staf Ahli Bupati Mimika, kepada warga mengatakan, bantuan sosial segera akan dibagikan, hanya saja butuh waktu karena pembagian bantuan sedang berlangsung di Distrik lain.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan semua Distrik akan menerima bantuan tersebut dengan secara bertahap, kami hingga sampai saat ini masih mengerjakan hitung-hitungan jumlah bantuan yang akan di salurkan untuk diberikan kemasing-masing Distrik, jadi saya minta masyarakat bersabar”. Pungkasnya.

Sementara, Kepala Distrik Mimika Baru Anasias Faot yang bertemu warga di balai Kampung Hangaiji menyatakan, bantuan untuk warga bukan berasal dari distrik, melainkan dari tim gugus tugas percepatan pengendalian Covid-19 Mimika.

Pihak distrik hanya melakukan pendataan, dan membagikan bantuan tersebut bila sudah ada. Menurut rencana bantuan tersebut baru akan tiba di Timika, pada 6 Mei mendatang.

“Bantuan Bama dari Pemda masih kita usahakan, dan pada hari Sabtu 2 Mei kami sudah bertemu dengan Tim Covid 19 yang dibentuk oleh pemerintah daerah, bahwa rencananya kapal dari Merauke membawa Bama ke Timika akan tiba pada tanggal 6 Mei, setelah itu kita bagikan,” kata Ananias Faot.

Pihak Distrik Mimika Baru hingga kini masih terus melakukan pendataan kepada masyarakat penerima bantuan tersebut yang berada di 11 Kelurahan dan 3 kampung termasuk kampung Hangaiji.

 

Reporter : AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *