Pelindo II Cabang Pangkalbalam siap kembangkan infrastruktur berstandar internasional

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bangka – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) kini namanya IPC (Indonesia Port Corporation) tentunya memberi dukungan langsung bagi optimalisasi pengelolaan dan operasional Pelabuhan Pangkalbalam, merupakan gerbang utama di Pulau Bangka.

Dengan pengembangan tahap awal, memperbaiki infrastruktur kepelabuhanan, terutama di sisi dermaga kapal penumpang dan dilanjutkan dengan fasilitas Terminal penumpang hingga tindak lanjut rencana pengembangan lainnya hal ini untuk lebih memperindah suasana Pelabuhan Pangkalbalam beserta area pendukung sebagai objek Vital.

Staf manegement PT Pelindo/IPC cabang Pangkalbalam, Yoso menjelaskan Pelabuhan Pangkalbalam sangat potensial untuk dikembangkan, ini menjadi pendorong pertumbuhan industri khususnya di Pulau Bangka dan menciptakan pasar baru, mengingat posisinya yang strategis. Kami berupaya pengelolaan pelabuhan Indonesia II Cabang Pangkalbalam nantinya berstandar international diharapkan dapat meningkatkan daya saing pelabuhan Pangkalbalam hal ini tentunya akan membawa dampak positive untuk kemajuan perekonomian di Provinsi Kepulauan Bangka belitung.

“Sudah saatnya kapal berukuran besar dapat berlabuh dan bertambat di Pelabuhan Pangkalbalam namun, untuk memfasilitasi kapal besar tersebut perlunya adanya salah satu infrastruktur yang akan dikembangkan adalah kolam dermaga, alur pelayaran yang mesti diperdalam untuk penyesuaian draft ukuran kapal dengan pasang surut,” jelasnya pada Senin, (4/05/2020).

Disampaikan pula area penumpukan dilakukan perawatan untuk kinerja bongkar muat di pelabuhan sehingga dengan penyiapan fasilitas ruang penumpukan sementara tidak mengganggu dengan aktifitas bongkar muat di dermaga pelabuhan Pangkalbalam.

“Dengan adanya pelayanan peningkatan kapasitas dan fasilitas serta penerapan sistem Inaportnet terpenuhi tentunya handling Bongkar muat ini sangat penting agar pelayanan lebih cepat, mudah dan efisien, tambahnya.

Menurut yoso pengembangan tahap awal yang sudah dijalankan di Pelabuhan Pangkalbalam yaitu sistem Inaportnet standarisasi sebagaimana pelabuhan-pelabuhan yang dikelola IPC.

Ke depan, Pelabuhan Indonesia II cabang Pangkalbalam akan menerapkan gate system. Alur keluar masuk truk kontainer bisa lebih cepat dan teratur. Area terminal peti kemas yang merupakan area terbatas (restricted area) menjadi lebih steril dan aman,” katanya.

Begitu juga disisi laut, PT Pelindo II /IPC akan menerapkan aplikasi MOS (Marine Operating System), yang merupakan aplikasi digital pelayanan kapal pandu dan kapal tunda agar efisien. Kemudian di area terminal bongkar muat, Pelabuhan Pangkalbalam tentu akan dilengkapi Terminal Operating System yang juga berbasis digital untuk mempercepat proses bongkar muat peti kemas dari kapal ke area penumpukan peti kemas maupun sebaliknya, pungkas Yoso kepada media mitrapol.com.(kurniawan setiady)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *