Satgas Covid-19 Mimika : Hasil Rapid Tes, 516 dari 2.309 dinyatakan positif 

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Satgas Covid-19 Mimika, Papua telah melakukan pemeriksaan Rapid Tes terhadap 2.309 orang warga masyarakat Kabupaten Mimika, Papua.

Dari 2.309 orang yang diperiksa menggunakan rapid tes alias tes cepat Covid-19, sebanyak 516 orang dinyatakan positif.

“Sejak Minggu lalu hingga hari ini, dari 2.309 orang yang di Rapid Tes, sebanyak 516 orang ditemukan positif dengan rapid tes atau presentasenya 22,35%,” kata Reynold Ubra selaku Jubir Gugas Covid-19 Mimika, melalui Video Conference, Senin, (4/5).

Reynold mengatakan, dari jumlah orang yang telah mengikuti rapid tes, pihaknya telah mengedukasi untuk dilakukan isolasi mandiri.

Kemudian pihaknya akan melanjutkan pengiriman data dari 516 orang yang dinyatakan positif berdasarkan Rapid Tes untuk dilakukan pemeriksaan SWAB tenggorokan dan hidung untuk diketahui diagnosis Covid-19.

Dirinya menambahkan, bila nantinya dari 516 orang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksan SWAB maka akan desuaikan dengan fasilitas kesehatan atau tempat isolasi yang disediakan.

“Kita saat ini punya dua tempat isolasi. Dari 516 orang ini, kita hanya bisa tampung 10-20 persen,” ungkap Ubra.

Untuk diketahui, hasil positif berdasarkan Rapid Tes corona hanya sebagai skrining atau penyaringan awal dan belum dapat dikategorikan sebagai orang yang terinfeksi virus corona.

Sementara itu untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi COVID-19, hasil pemeriksaan swab melalui tenggorokan dan hidung yang digunakan.

“Rapid tes hanya merupakan pemeriksaan awal, dan pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction-red) yang dapat memastikan sesorang terkonfrimasi positif Covid-19,”  terangnya.

Jubir juga menyebutkan, sejak awal hingga saat ini, pihaknya telah mengirimkan sampel rujukan untuk dilakukan pemeriksaan SWAB berjumlah 129 sampel.

Dari 129 sampel, sebanyak 87 orang dinyatakan kasus Covid-19, sedangkan 33 orang dinyatakan negatif, sementara 9 sampel lagi pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan.

Sebagai informasi, Update Covid-19 Mimika per Senin (4/5), jumlah PDP sebanyak 71 orang, ODP 337 orang, OTG sebanyak 769 orang.

Sementara jumlah kasus Covid-19 sebanyak 87 kasus.

Dari total 87 orang yang terpapar covid-19, sebanyak 71 orang sementara dalam perawatan, sedangkan 13 orang dinyatakan sembuh, kemudian 3 orang tercatat meninggal dunia.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *