Kasus Corona di Tembagapura terbanyak, Wabup Mimika: Harus pengurangan jumlah penduduk

  • Whatsapp
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob

MITRAPOL.com, Timika – Sebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika terus merangkak naik. Diketahui Distrik Tembagapura yang menjadi area tambang PT Freeport Indonesia menjadi pendulang terbanyak kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika yakni berkisar 60% dari jumlah kasus yang ada.

Hal ini menjadi perhatian serius baik dari pihak manajemen PT. Freeport Indonesia maupun Pemerintah Kabupaten Mimika.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob kepada MITRAPOL menyatakan, dengan jumlah terbanyak di Tembagapura, sehingga harus dilakukan pengurangan jumlah penduduk di area Tembagapura untuk memutus peredaran Pandemi virus Corona.

“Langkah kita (Pemda-red) adalah harus mengurangi jumlah penduduk atau populasi di daerah Tembagapura karena wilayahnya sangat kecil dan dihuni ribuan orang,” Kata Johannes Rettob di Kediamannya kepada MITRAPOL, Selasa, (5/5/2020).

Wakil Bupati Mimika menjelaskan, area Tembagapura juga memiliki kelembaban udara atau suhu dingin cukup tinggi sehingga penyebaran virus makin cepat.

Sementara untuk pekerja yang diperbolehkan kembali ke Kota Timika akan didata oleh perusahaan PT. Freeport Indonesia. Dimana yang diperbolehkan adalah bagi pekerja yang dinyatakan dalam keadaan sehat.

“Jangan sampai kasus di Tembagapura dibawa lagi ke Timika, nanti jadi persoalan baru, tentu kita tidak mau. Jadi lebih baik yang datang benar-benar sehat,” Ujar Wabup Mimika.

Meskipun diprioritas bagi pekerja atau penduduk yang sehat untuk kembali ke Kota Timika, namun tetap diberi status sebagai orang dalam pemantauan ODP bila tiba di Timika sebelum benar-benar dipastikan dalam keadaan sehat dan bebas virus.

Johannes Rettob juga menyebutkan, untuk membantu kelangkaan tenaga medis di rumah sakit Tembagapura, Pemkab Mimika dan Pihak PT. FI saat ini telah mendatangkan 45 tenaga medis dari Jakarta.

“Kemaren sudah kita datangkan penambahan tenaga medis dari Jakarta berjumlah 45 orang untuk bantu di RS Tembagapura,” Kata Rettob.

Wakil Bupati menambahkan, meski merebaknya pandemik Covid-19 di area PT. Freeport Indonesia, pihaknya berharap aktifitas dan produksi dari PT Freeport Indonesia tetap berjalan.

Untuk diketahui, Update Covid-19 Mimika per Selasa (5/5), jumlah PDP sebanyak 80 orang, ODP 370 orang, OTG sebanyak 869 orang.

Sementara jumlah kasus Covid-19 sebanyak 91 kasus.

Dari total 91 orang yang terpapar covid-19, sebanyak 64 orang diisolasi di rumah sakit, 7 orang isolasi di Shelter, sedangkan 17 orang dinyatakan sembuh, dan 3 orang tercatat meninggal dunia.

(Reporter: AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *