BLT dibayar secara non tunai, Bupati Aceh Timur dinilai tak berpihak pada rakyat miskin

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Aceh Timur – Aktivis sekaligus pemerhati sosial sangat kecewa dengan Peraturan Bupati(Perbup) Aceh Timur Nomor 14 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran BLT yang baru saja di tanda tangani tanggal 30/04, bahwa proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk keluarga Miskin akibat dampak pandemik Covid-19 di salurkan secara non tunai, di mana Keluarga Penerima Manfaat (KPM) harus membuka buku rekening Bank atau mengambil di Kantor Pos dan Giro.

Perbup ini tentu sangat memberatkan bagi KPM yang akan menerima BLT, subtansi Perbup tak mencerminkan keberpihak Pemkab Aceh Timur kepada masyarakat miskin, Kata Masri kepada media ini Kamis (07/05/2020) di Lhoknibong.

Menurut Masri yang juga Aktivis Penerhati Sosial dalam pasal 10 menyebutkan Persyaratan KPM untuk menerima bantuan harus melalui Bank atau Pos dan Giro.

Seharus nya Bupati Aceh Timur H. Hasballah M.Thaib lebih arif dan bijak dalam mengeluarkan aturan dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti kondisi sosial ekonomi masyarakat Aceh Timur maupun aspek wilayah. Ujar Masri

Kabupaten atau daerah lain kenapa bisa menyalurkan secara langsung, kenapa Aceh Timur tidak Boleh secara tunai, ini kan Aneh, Padahal petunjuk nya sama-sama Permendes & PDT- RI. Cetusnya

Penyaluran BLT secara non tunai berpotensi menyalahi protokoler pencegahan Covid-19

DPRK Aceh Timur selaku wakil rakyat di parlemen harus bersuara dan mengambil sikap keberpihakan kepada masyarakat miskin.

Saat seperti Inilah dewan perlu bicara dan bersikap Tegas untuk membela masyarakat miskin, jangan hanya pandai menoreh janji pada masyarakat.

Menurut Masri, langkah lain pihak Pemerintah Desa bisa mengabaikan Perbup Aceh Timur yaitu dengan membentuk Qanun Gampong tentang mekanisme penyaluran Bantuan Langsung Tunai(BLT) dengan mengacu pada Peraturan, azas manfaat, efektif dan efisien. Tutup Masri

 

(Reporter : Zul Aceh)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *