KN Karna 246 lakukan pencarian Signal Distress EPIRB dari MT. SC Eternity XLVII

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pangkalpinang – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang mengerahkan KN Karna dengan nomor Lambung 246 untuk melakukan pencarian terhadap EPIRB yang memancarkan sinyal distress.

Sebanyak 17 kali alat ini memancar pada tanggal 06 Mei 2020 pukul 12:00 WIB. Membuat heboh Search And Rescue Agency International, selanjutnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang melakukan kordinasi dengan instansi terkait serta Owner kapal.

Tindakan yang dilakukan E-Broadcast kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi Signal Distress. Dilengkapi dengan Direction Finder, 1 tim diturunkan untuk menjadi observer dalam pencarian EPIRB ini. Data yang didapat yaitu nama Kapal MT SC Eternity XLVII berlayar di perairan Kep Bangka dengan membawa 2 Unit EPIRB.

Menurut informasi yang didapat, EPIRB lama dibuang kelaut dan digantikan dengan yang baru, dikarenakan EPIRB lama tersebut masih memiliki Daya Bateray maka memancar ke Satelite dan diterima oleh Basarnas yang dianggap ini merupakan kecelakan pelayaran namun bukan, kapal masih berjalan normal ke tujuan.

Sampai diturunkannya berita ini, Operasi Pencarian terhadap EPIRB milik kapal Tangker SC Eternity XLVII masih dilakukan dan sampai saat ini hasil masih nihil.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang Fazzli S.A.P, mengungkapkan, apabila ada nelayan atau kapal-kapal yang melintas menemukan EPIRB ini agar segera mengambil dan menonaktifkannya lalu menyerahkan kepada kami.

Fazzli juga menghimbau apabila ada kapal-kapal yang memiliki EPIRB agar menyimpannya dengan baik, ditempatkan dimana semestinya dan apabila rusak jangan di buang kelaut.

 

 

Reporter : K. Setiady

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *