Diawasi langsung inspektorat, Gubernur Sulsel serahkan bantuan di Tana Toraja

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tana Toraja – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof. HM Nurdin Abdullah, melakukan penyerahan bantuan alat kelengkapan penanganan Covid-19 ke Kabupaten Tana Toraja. 13 item diterima langsung oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, Sabtu, 9 Mei 2020.

“Ini kita bawa ada 13 item, bantuan non-APBD, betul-betul donasi dari bebagai pihak, BUMD, BUMN, organisasi kemasyarakatan, termasuk dari Vale kemarin ada rapid test, ini juga ada APD. Ini dibagikan ke Puskesmas, ada masker, handsanitizer, alat pelindung wajah, lengkap ini Pak Bupati,” kata Nurdin Abdullah.

Adapun bantuan kali ini sama dengan lima daerah sebelumnya. Yakni, berupa Rapid Test Kit 160 unit, APD Full Set 5 unit, APD 180 unit, Masker 3M 40 Lembar, Masker N-95 40 Lembar, Masker Bedah 400 lembar, Hand Sanitizer Semprot 10 botol, Hand Sanitizer Jerigen 4 jerigen,Sabun Cuci Tangan 7 botol, Face Shield 30 unit, Alcohol swab 1 dos, Blood Lancets 2 dos dan Sarung Tangan 5 dos.

Pada penyerahan bantuan ini, Kepala Inspektorat Sulsel, Salim AR juga hadir dan melakukan pengawasan secara langsung.

Nurdin Abdullah menyampaikan, sejauh ini untuk Covid-19 belum ditemukan obat dan vaksinnya. Untuk memutus mata rantai penyebarannya, maka yang harus dilakukan adalah disiplin dan patuh pada protokol kesehatan, mengkonsumsi makanan bergizi yang baik dan menjaga imunitas tubuh.

 

Selain itu, yang harus dipersiapkan adalah skenario pemulihan serta munculnya orang-orang miskin baru. Tantangan paling berat adalah krisis ekonomi yang dapat terjadi, bahkan sejauh ini sudah dirasakan dampaknya dengan pemutusan kerja karyawan.

 

“Yang harus kita lakukan adalah bagaimana menyikapi orang-orang miskin baru. Kita butuh lapangan kerja minimal 30.000. Semua kegiatan ini diubah menjadi padat karya,” ujarnya.

 

Sementara, Nicodemus Biringkanae menyampaikan, di Tator sejauh ini tercatat jumlah pasien status Covid-19 sebanyak tiga orang, termasuk Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara.

 

“Kita ada positif tiga, dan sudah sembuh semua,” jelasnya.

 

Nicodemus juga menyampaikan beberapa bantuan pemerintah provinsi juga telah disalurkan.

 

“Terima kasih atas bantuannya, atas nama dan rakyat Tana Toraja. Kepada Pak Gubernur, selamat menjalankan ibadah puasa dan terima kasih atas sumbangannya,” ucapnya.

Ia juga memanfaatkan pertemuan tersebut, untuk meminta agar pembangunan Bandara Buntu Kunik tetap diperhatikan pembangunannnya.

“Pak Gubernur, kalau ingat Toraja, ingat bandaranya juga,” kata Nicodemus yang disambut tepuk tangan gubernur.

Menanggapi hal itu, Nurdin Abdullah menegaskan, pembangunan tetap akan dilaksanakan hingga tuntas. Namun fokus pemerintah saat ini adalah penanganan pandemi Covid-19.

 

(Muh Ali/Hms)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *