Bersama lawan Covid-19 terapkan hidup sehat

  • Whatsapp

Oleh :  Elseria Rohani Munthe / 31170152
Fakultas Bioteknologi, Program Studi Biologi
Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta

MITRAPOL.com, Jakarta – Virus Corona atau sering disebut Covid-19 adalah salah satu jenis penyakit yang menular dari personal kepersonal lainnya dan dapat menyebar secara cepat dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Corona virus jenis baru ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa yang muncul di Wuhan China pada Desember 2019, yang mana kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2(SARS-COV2), yang menyebabkan penyakit Corona virus Disease-2019 (COVID-19).

Corona virus (Covid-19) termasuk dalam genus flor elliptic dan dapat berbentuk pleomorfik, yang berdiameter 60-140 nm, virus tersebut secara genetic sangat berbeda dengan virus SARS-CoV dan MERS-CoV.

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa homologi antara COVID-19 memiliki karakteristik DNA coronavirus pada kelelawar-SARS yaitu dengan kemiripan lebih dari 85%. Ketika dikulturkan pada vitro, COVID-19 dapat ditemukan didalam sel epitel pernapasan manusia setelah 96 jam.

Paru-paru adalah organ yang paling terpengaruh oleh COVID-19, karena virus mengakses sel inang melalui enzim ACE2, yang paling melimpah di sel alveolar tipe II pada paru-paru. Virus ini menggunakan glikoprotein permukaan khusus, yang disebut “spike”, untuk terhubung ke ACE2 dan memasuki sel inang.

Yang mana adanya kepadatan ACE2 disetiap jaringan berkolerasi dengan tingkat keparah penyakit yang ada dijaringan tersebut yang bersifat protektif yang berkembang menjadi alveolar yang mana akan terjadi gagal pernafasan yang kemungkinan akan menyebabkan kematian. Sehingga penyakit Covid-19 sangat berbahaya.

Di Indonesia penyakit Covid-19 sudah menyebar kebeberapa provinsi, sehingga beberapa provinsi sudah ditetapkan sebagai “Zona Merah “ yang mana didaerah tersebut sudah memiliki kasus yang Covid-19 yang tinggi dengan angka kematian yang tinggi. Provinsi Lampung merupakan provinsi perantara antara pulau jawa dan pulau sumatera, sehingga banyaknya provinsi tersebut sangat resisten dalam penyebaran covid-19 sehingga sangat berbahaya. Provinsi Lampung saat ini memiliki 63 kasus dengan 18 jumlah pasien sembuh dengan 5 pasien yang meninggal.

Covid-19 dapat menyebabkan gejala saluran pernafasan (flu), dengan gejala batuk, demam, dan pada kasus yang lebih serius pneumonia. Adapun metode penyebaran utama corona virus m elalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi pada saat orang tersebut batuk dan bersin atau bahkan melalui benda lain yang telah digunakan oleh orang yang positif covid-19, dapat juga melalui tetesan air liur atau cairan / lender hidung orang yang terinfeksi. Penyakit ini dapat menyerang semua kalangan dan lebih resisten pada umur > 40 tahun.

Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah Covid-19 yaitu :
1. Rajin mencuci tangan dengan sabun, mencuci tangan terdengar sangat umum akan tetapi mencuci tangan adalah pangkal dari kebersihan dan kesehatan, karena tangan merupakan sumber bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan beragam penyakit, langkah tersbut sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri.

2. Menggunakan masker, walaupun virus corona tidak menular melalui udara upayakan untuk menggunakan masker agar tetap terlindungi dari virus.

3. Hindari kontak fisik atau bersentuhan, berjabat tangan atau berpelukan merupakan hal yang harus dihindari agar virus tidak berpindah melalui kulit.

4. Tidak menyentuh area wajah, virus tersebut dapat menyerang tubuh melalui area segitiga wajah yaitu mata, hidung , dan mulut. Sehingga perlu dihindari kebiasaan menyentuh wajah agar tidak masuknya virus corona tersebut.

5. Melakukan etika bersin dan batuk, vrus corona dapat menular melalui droplet, sehinga apabila saat bersin dan batuk ditutup dengan tissue atau dapat dilakukan dengan lipatan tangan agar virus tidak menyebar ke orang lain dan perlu dilakukan kembali cuci tangan dengan sabun.

6. Membersihkan perabotan rumah, selain menjaga kebersihan tubuh perlu dilakukan kebersihan rumah menggunakan disinfektan agar virus atau kuman tidak dapat menempel dilingkungan rumah.

7. Hindari berbagi barang-barang pribadi, dei menjaga kesehatan bersama perlu dilakukan hal tersbut, karena covid-19 dapat bertahan dibeberapa barang hingga 4 hari bahkan lebih. Sehingga lebih baik dilakukan berbagi barang-barang pribadi.

8. Selalu mencuci bahan makanan, kita tidak akan pernah tau perjalanan bahan-bahan makanan yang kita beli, sehingga perlu dilakukan mencuci bahan-bahan makanan yang dapat dicuci agar menghindari tertempelnya virus atau kuman.

9. Physical distancing, kita sering mendengar #stayhome hal tersebut sangatlah baik dilakukan walaupun kerap kali kita merasa bosan dan cemas akan hari esok karena bahan makanan yang tidak cukup, PHK masal, bahkan semakin menipisnya finansial. Akan tetapi perlu kita lakukan tahapan tersebut agar Indonesia semakin membaik dan segera pulih, sehingga perlu dihindari kerumunan agar mencegah terjadinya penyebaran virus.

10. Menjaga imunitas tubuh, dalam hal ini hindari stress dan lebih memakan makanan bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral dan dilakukan olahraga agar tubuh tetap vit, karena apabila saat imunitas baik maka akan memperkecil kemungkinan untuk terkena virus corona.

Adapun langkah-langkah diatas dapat kita lakukan bersama untuk mengurangi penyebaran covid-19 , agar keadaan Negeri segera membaik dan pulih maka diperlukannya kerja sama dengan masyarakat dengan menjaga kesehatan pribadi dan melakukan 10 tahapan tersebut. Semangat dalam menghadapi covid-19 mari bekerjasama demi kita dan Negeri tercinta.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *