Larangan mudik, Polda Metro Jaya kandangkan 202 kendaraan bus dan travel gelap

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Selama tiga hari mulai dari Jumat (8/5/2020) sampai Minggu (11/5/2020), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Polres Jajaran berhasil mengamankan 202 kendaraan bermotor.

Kendaraan tersebut berupa bus dan mobil travel gelap yang mencoba menyelundupkan pemudik dengan tujuan sejumlah daerah, diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dari seluruh kendaraan tersebut, tercatat kurang lebih sebanyak 1.113 penumpang, yang berhasil dicegah untuk mudik.
Hal ini terkait penerapan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, menhatakan, Dari 202 kendaraan terdiri dari 11 unit bus dan sisanya adalah travel gelap berupa 112 minibus dan 79 mobil pribadi.

“Kami lakukan operasi khusus selama 3 hari dengan cara hunting sistem, dan akan terus berkelanjutan sampai dicabutnya larangan mudik terhadap pemerintah,” kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Senin (11/5/2020).

Menurut Sambodo seluruh kendaraan yang mengangkut pemudik itu diamankan dari jalan tol, jalan arteri dan jalan tikus yang sudah di – mapping pihaknya.

“Untuk sangsi para pengemudi akan dikenakan tilang sesuai Pasal 308 UU Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ucapnya.

Sebab mereka mengangkut penumpang tanpa memiliki izin trayek.

“Ancaman hukumannya denda hingga Rp 500 ribu atau pidana kurungan paling lama 2 bulan,” kata Sambodo. (Muklis)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *