Pergantian Satgas Pamtas, Bupati Nunukan sambut kedatangang Yonif 623 Bhakti Wira Utama

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura menyambut kedatangan Batalyon Infanteri 623 Bhakti Wira Utama yang tiba di Kabupaten Nunukan untuk bertugas selalu Satgas pengamanan perbatasan di wilayah Kabupaten Nunukan.

Hj. Asmin Laura atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan dan seluruh elemen masyarakat menyampaikan ucapan selamat datang kepada Komandan Yonif 623 Bhakti Wira utama beserta seluruh pasukan.

Kabupten Nunukan sebagai salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, terdiri atas 21 kecamatan, dimana beberapa wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia baik dengan negara bagian Serawak maupun negara bagian Sabah.

Dengan adanya tapal batas inilah maka kita senantiasa dihadapkan dengan berbagai dinamika kehidupan dengan dasar itulah maka penanganan masalah perbatasan khususnya yang berkenaan dengan pengamanan wilayah teritorial tentunya membutuhkan perhatian yang serius.

Saat ini pemerintah pusat hingga ke daerah terus berupaya untuk melakukan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga menyampaikan beberapa permasalahan yang berhubungan dengan pengamanan perbatasan, yaitu :

1.Tata batas atau patok batas antara negara yang rawan terhadap upaya penggeseran yang mengancam kedaulatan wilayah NKRI.

2. Pengamanan lalu-lintas keluar masuk orang terutama tenaga kerja ilegal termasuk kemungkinan adanya jaringan terorisme.

3. Pengamanan lalu-lintas keluar masuk barang yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terutama masalah narkoba.

4. Penanganan masalah illegal logging illegal fishing dan sumber daya alam lainnya.

5. Tantangan kondisi geografis yang menghambat pembukaan akses wilayah terpencil terutama di Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Lumbis Pansiangan san Kecamatan Lumbis Hulu serta lima kecamatan di dataran tinggi Krayan.

Selain kelima hal tersebut, saat ini pemerintah daerah bersama TNI dan Polri serta relawan yang tergabung dalam tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 sedang bekerja keras untuk menangani persebaran covid-19 serta dampaknya tentunya hal ini menjadi perhatian tersendiri.

Saya berharap Yonif 623 Bakti Wira Utama dapat mengambil peranan seperti yang juga telah dilakukan oleh Yonif Raider 600 Modang saat bertugas disini.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *