Wawancara khusus dengan Dan Satgas Pamtas Indonesia – Malaysia

  • Whatsapp
Letkol Inf. Ronald Wahyudi, Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 Modang

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Pergantian tugas pengamanan di wilayah Perbatasan Indonesia – Malaysia, Selama bertugas di wilayah Nunukan, Satgas Pamtas Yonif Raider 600 Modang banyak mengukir prestasi

Berikut wawancara wartawan mitrapol Yusuf Palimbongan dengan komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 Modang Letkol Inf. Ronald Wayudhi

Apa kesan dan pesan selama bertugas di perbatasan ?

Letkol Inf Ronald Wahyudi cukup banyak sekalai kesan selama bertugas di wilayah Kabupaten Nunukan.
Mulai dari alamnya yang menantang seperti Laut, Sungai, Gunung, dan Hutannya, juga masyarakatnya yang multi etnis, namun rukun dan damai dengan tetap memegang teguh ideologi Pancasila dan cinta tanah air di tengah derasnya pengaruh dari negara tetangga disegala bidang.

Bagaimana Perhatian Pusat terhadap Wilayah Perbatasan?
Perhatian dari pemerintah pusat kepada perbatasan di wilayah kabupaten Nunukan juga memberi kesan tersendiri dengan kunjungan yang mereka lakukan selama kami bertugas.

Apakah ada pejabat pusat datang selama beroperasi diperbatasan.

Perhatian dari pusat terhadap wilayah perbatasan luar biasa baik, dari pejabat militer maupun sipil bahkan sampai Presiden RI berkenan menyempatkan berkunjung ke kecamatan Krayan untuk melihat secara langsung kondisi wilayah Krayan yang berbatasan langsung dengan Sabah dan Negara bagian Serawak.

Ada cerita kama pangeran Tokoh Adat Krayan yang mengatakan selama Indonesia merdeka belum ada satu pun Presiden yang berkunjung ke Krayan kecuali Presiden Joko Widodo.

Selama kami bertugas, situasi di wilayah perbatasan kondusif, hal ini perlu dijaga terus menerus dengan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.

Atas nama pribadi dan satuan, kami mohon maaf apabila ada tingkah laku dan tutur kata kami yang kurang berkenan selama kami bertugas dan selamat bertugas untuk Satgas yang baru dari Yonif 623/BWU, Tetap Semangat… NKRI Harga Mati.

Dan Satgas Pamtas Yonif Rider 600 Modang Letkol Inf. Ronad Wahyudi bersama Dan Satgas Pamtas Yonif Raider 623 Wira Bakti Utama Letkol Inf. Yordania

Apa saja keberhasilam Satgas Pamtas Yonif Raider 600 Modang selama bertugas ?

Untuk hasil selama operasi banyak prestasi yang kita raih, mmulai dari mengamankan barang impor ilegal Romengan Malaysia (Romah) itu kami serahkan kepada Pihak Bea cukai (Kepabeanan) selaku Intansi yang berwenang juga bersama barang bukti kendaraan panjang.

Sementara untuk Minuman Keras (miras) dan Narkoba sesuai prosedur barang bukti kita serahkan ke pihak kepolisian untuk di proses lebih lanjut.

Apa saja Tugas Satgaspamtas di perbatasan selama operasi?.

Tugas pokok satgas di perbatasan ada 3 :

1. Pengamanan wilayah perbatasan (Patok batas negara) sudah terlaksana 100% (6719 patok dalam keadaan aman).

2. Pengaman perbatasan negara terhadap aktifitas ilegal.

3. Melaksanakan kegiatan teritorial bersama masyarakat membantu pemerintah daerah mengatasi kesulitan masyarakat sekitar.

Saat ditanya selama bertugas diperbatasan dan melihat Geografis perbatasan apa saja yang harus dibenahi?.

Secara umum itu yang sudah kita laksanakan, sama seperti di wilayah perbatasan lainnya infrastruktur terutama akses jalan dan komunikasi harus dibenahi supaya tidak ada lagi daerah yang terisolir di perbatasan.

Saat bertugas diperbatasan kerjasama dibangun bersama aparat lainya ?

Kerjasama antar aparat sudah baik dan tidak pernah ada permasalahan semua bisa bersinergi melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing untuk kepentingan dan kebaikan masyarakat, tutup Letkol. Inf Ronal Wahyudi komandan Satgas Pamtas yonif Raider 600 Modang.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *