Jubir Covid-19 Mimika : Freeport akan periksa sampel RSUD dan RSMM dengan alat PCR untuk deteksi Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Juru bicara (jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan, pihak PT. Freeport Indonesia (PTFI) akan melakukan pemeriksaan sampel rujukan dari RSUD Mimika dan RSMM dengan menggunankan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi diagnosis Covid-19.

Pemeriksaan sampel nantinya dilakukan langsung oleh tim Medis di Mimika, dan saat ini pihaknya sedang menunggu tim teknis yang tengah didatangkan dari Jakarta.

“PT. Freeport Indonesia akan melakukan pemeriksaan PCR untuk sampel dari RSUD dan RSMM,”kata Reynold Ubra melalui rilis yang diterima MITRAPOL, Selasa, (12/5).

Jubir menyebutkan, sejatinya mesin PCR di RSUD Mimika sudah ada sejak lama, yakni pada tahun 2014 silam, namun digunakan untuk pemeriksaan Viraload HIV.

“Mesin PCR di RSUD siap digunakan untuk pemeriksaan nCoV2 di Kabupaten Mimika. Saat ini Pihak RSUD sedang menunggu tenaga teknis dari Jakarta untuk menset uo mesin tersebut,” terang Ubra.

Untuk diketahui, Update sebaran Covid-19 di Mimika, Papua per Selasa, (12/5). yakni, mereka yang terinfeksi Corona sebanyak 110 orang, terbagi menjadi 83 orang isolasi di RS, 7orang isolasi di Shelter, sedangkan 17 orang sembuh dan 3 orang dinyatakan meninggal dunia.

PDP aktif sebanyak 132 orang, terbagi menjadi 89 orang diisolasi di Rumah Sakit, dan 43 orang menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan PDP sembuh 48 orang dan telah dipulangkan, kemudian 5 orang PDP tercatat meninggal dunia.

Jumlah ODP sebanyak 541 orang, diantaranya, 528 orang isolasi mandiri sedangkan 51 orang dinyatakan bebas atau selesai pemantauan.

Selanjutnya jumlah OTG mencapai 984, yaitu, sebanyak 937 orang isolasi mandiri sedangkan 72 orang dinyatakan selsai pemantauan.

“Dalam waktu dekat, tim (satgas Covid-19-red) akan melakukan pengawasan kembali terhadap pelaksanaan instruksi Bupati Mimika terkait perpanjangan masa tanggap darurat mulai 6 – 20 Mei 2020,” ujarnya.

Reynold Ubra selaku Jubir Satgas Covid-19 Mimika, tak henti-hentinya mengimbau agar warga Mimika mematuhi anjuran Pemerintah, yakni menghentikan segala aktifitas diatas pukul : 14:00wit dan beriam diri dirumah, kemudian menjaga jarak fisik, dan selalu menggunakan masker serta sering mencuci tangan dengan sabun.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *