Lindungi karyawan dari Corona, PT. FI tambah Alat PCR dan Alat Rapid Tes serta tingkatan Faskes

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Upaya memutus mata rantai pandemi virus Corona alias Covid-19 di Kabupaten Mimika, Papua. Lebih khusus terhadap pekerja. PT Freeport Indonesia (PT. FI) terus perkuat sistem perlindungan kesehatan dengan menambah jumlah rapid test dan kapasitas pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR), serta meningkatkan sejumlah fasilitas kesehatan.

hal ini bertujuan sebagai upaya menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan serta kontraktornya. PT Freeport Indonesia (PT. FI) saat ini telah mendatangkan tenaga medis, serta memperbanyak fasilitas ruang isolasi, untuk percepatan identifikasi dan pelacakan sebaran COVID-19 di Tembagapura.

PT. FI juga tengah menyediakan sekitar 50.000 alat Rapid Tes dan alat PCR untuk mendeteksi dan mengisolasi pekerja yang dinyatakan terpapar virus Corona agar penanganan medis dengan segera.

Sejak masuknya Pandemi Covid-19, PT. FI gencar melakukan pemeriksaan suhu karyawan, menerapkan physical distancing (jagat jarak fisik), pembatasan perjalanan, peningkatan upaya sanitasi, dan larangan pertemuan dalam jumlah besar.

“Kami terus bekerja bersama International SOS, kemudian menjalin koordinasi erat bersama pemerintah untuk penanganan medis terbaik yang dapat kami berikan sesuai sesuai prosedur mitigasi global COVID-19, hal ini karena kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan adalah prioritas utama PT. FI,”kata Presiden Direktur PT. FI Tony Wenas melalui rilis yang diterima MITRAPOL, Selasa (12/5).

Tony Wenas menyebutkan pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Mimika agar pemeriksaan covid-19 dapat dilakukan dan dianalisa di laboratorium Klinik Kuala Kencana, tidak lagi di Laboratorium Kesehatan Daerah Jayapura.

“PT. FI sedang siapkan Klinik Kuala Kencana untuk melayani rawat inap dan segera tersertifikasi sebagai laboratorium pemeriksaan RT-PCR diagnosis COVID-19, kemudian peningkatan kapasitas perawatan Covid-19 di area kerja, diantaranya dengan menambah ruang rawat dan ruang isolasi di Rumah Sakit Tembagapura, serta alat bantu pernapasan (ventilator)” Ujarnya.

Presdir Tony Wenas juga menyatakan, penanganan para pasien Covid-19 saat ini menunjukkan hasil yang baik, yakni dengan semakin banyaknya karyawan yang mulai sembuh.

Dirinya juga mengatakan, dengan ketersediaan RT-PCR di Klinik Kuala Kencana, maka akan membantu penanganan kasus Covid-19 lebih cepat, menyediakan kapasitas tes yang lebih luas bagi banyak komunitas agar dapat melindungi keselamatan mereka, dan mengurangi beban kerja yang ada pada institusi kesehatan publik.

Disamping itu, PT. FI juga menambah jumlah fasilitas untuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang perlu diisolasi, dengan kapasitas memuat lebih dari 750 orang di Tembagapura dan 150 orang di Dataran Rendah (Mile 38).

Presdir PT. FI juga menyatakan, bersama Pemkab Mimika melalui Dinas Kesehatan mengalih fungsikan asrama Sport Complex menjadi tempat isolasi bagi masyarakat Timika.

“Prioritas dan fokus utama kami tetap pada kesehatan dan keselamatan karyawan bersama keluarga mereka dan komunitas di sekitar kami. Di tengah situasi yang terus berkembang, tim kami senantiasa mengevaluasi dan menerapkan berbagai upaya tambahan guna menjamin keselamatan mereka dan membantu memitigasi penyebaran COVID-19,” Pungkasnya.

Dirnya juga berharap, berbagai upaya yang ada bisa membantu dan menopang RSUD Mimika agar lebih berkonsentrasi dalam penangan Pandemi Covid-19 di Mimika.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *