Peduli Covid -19, Yayasan TB Soposurung serahkan bantuan APD kepada RS HKBP Balige

  • Whatsapp
Ketua Yayasan TB Soposurung (Yasop) dr. Tota Manurung menyerahkan bantuan APD kepada RS HKBP Balige, Rabu (13/05/2020).

MITRAPOL.com, Toba – Sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 secara khusus oleh para tim medis sebagai garda terdepan yang menangani pasien, Robert Nyo selaku ketua Dewan Pengawas Yayasan Tunas Bangsa Soposurung (Yasop) menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) ke RS HKBP Balige, Kabupaten Toba, Rabu siang (13/05/2020).

Sejumlah APD yang disumbangkan terdiri dari masker N95 sebanyak 50 pcs, masker kain(96), surgical mask (250), protection cloth (24), dan hazmat (35).

Ketua Yayasan TB Soposurung (Yasop) dr. Tota Manurung secara langsung menyerahkan bantuan kepada Direktur RSU HKBP Balige dr. Nelson Siburian.

“Penyerahan bantuan ini berlangsung singkat karena kondisi pandemi covid-19 saat ini. Yang pasti kita juga paham betul bagaimana kondisi kawan-kawan medis dan paramedis dalam menangani pasien. Mereka butuh APD untuk melindungi diri dari pandemi covid-19, jadi kita pikir tidak hanya rumah sakit yang merawat pasien covid-19 yang harus mendapat APD yang cukup dan standar, tapi semua rumah sakit harus mendapat itu,” sebut Tota Manurung usai penyerahan bantuan APD tersebut.

Bantuan APD juga diserahkan ke beberapa rumah sakit diantaranya RSUD Sidikalang Dairi, RSUD Dolok Sanggul Humbang Hasundutan dan RSUD Tarutung di Tapanuli Utara.

Tota Manurung berpesan kepada semua masyarakat Toba agar tetap mengikuti imbauan pemerintah, wajib menggunakan masker, menjaga jarak (physical distancing), menghindari keramaian dan rajin mencuci tangan. “Prinsipnya garda terdepan dalam pencegahan covid-19 adalah masyarakat. Jadi mari sama-sama mengikuti imbauan pemerintah”, ujar tota manurung.

Ditanya mengapa bantuan tidak berbentuk sembako, Tota mengapresiasi bantuan yang sudah diterima masyarakat dari berbagai pihak, namun ditengah pandemi yang dihadapi saat ini, kepedulian dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tidak dapat dipungkiri untuk memberi perhatian juga kepada para tim medis.

“Kita lihat bantuan berupa sembako kepada masyarakat terdampak sudah cukup banyak, baik dari pemerintah maupun perorangan meski memang kita lihat bantuan itu belum 100% mampu membantu seluruh masyarakat terdampak. Tapi kita pikir, medis dan paramedis juga sangat butuh bantuan APD di tengah kondisi saat ini. Jadi mari saling berbagi kepada siapa saja yang membutuhkan, prinsipnya itu. Soal bantuan berupa sembako, kita juga pasti memikirkan itu,” ujar Tota Manurung.

Direktur Rs Hkbp Dr Nelson Siburian menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 dengan harapan masyarakat dapat mengikuti imbauan pemerintah agar pandemi ini cepat berlalu.

“Kita berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang kita terima, semoga pandemi ini cepat berlalu,” ujar nelson.(Abdi S).

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *