Peratin Mekar Sari bagikan BLT Dana Desa kepada masyarakat yang layak menerima

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Untuk membantu Masyarakat yang terdampak situasi Covid-19, Pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Syarat penerimanya adalah keluarga miskin yang bukan termasuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH), tidak memperoleh Kartu Sembako dan Kartu Prakerja.

Komaroni Selaku (Kepala Desa) Pekon (Desa) Mekar Sari, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung mengatakan,Pendataan calon penerima BLT dari Dana Desa mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Masyarakat Penerima BLT-DD di Pekon Mekar Sari Sebanyak 120 Kepala keluarga (KK),per Kepala Keluarga Besaran BLT adalah Rp.600.000.,(Enam Ratus Ribu Rupiah) Per bulan,Per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan selama 3 bulan, yaitu April hingga Juni 2020.

Menurutnya,Ketentuan mengenai mekanisme pendataan, penetapan data penerima manfaat, dan pelaksanaan pemberian BLT-DD dilakukan sesuai ketentuan Menteri Desa PDTT.

“Semua hal ini diupayakan sedemikian rupa tidak tumpang tindih, itulah makanya pendataan perlu dilakukan secara simultan dan alhamdulillah hari ini BLT-DD untuk Pekon Mekar Sari sudah ter salurkan dan semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat untuk menunjang Perekonomiannya dan di pergunakan sebagai mana mestinya” ujar Komaroni Kepada Mitrapol.sabtu (16/06).

Penyaluran Dana Desa juga dipermudah melalui penyederhanaan dokumen dan penyaluran yang diupayakan agar lebih cepat.

“BLT Dana Desa merupakan program prioritas yang harus dianggarkan oleh Pemerintah Desa. Jika Pemerintah Desa tidak menganggarkan BLT Dana Desa, Pemerintah Desa akan dikenakan sanksi mulai dari pemotongan sebesar 50% untuk penyaluran Dana Desa tahap berikutnya hingga penghentian penyaluran Dana Desa Tahap III”katanya.

Pembagian bantuaan tersebut di hadiri oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas,Pendamping, Lembaga Himpunan Pekon (LHP),Tim pengawas Kecamatan,tokoh masyarakat dan Tim relawan Covid-19.

 

 

Reporter : Deni Andestia

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *