Bupati Humbang Hasundutan pimpin rapat penyaluran Bansos BLT Dana Desa

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Humbasan – Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor SE, memimpin rapat penyaluran Bansos BLT Dana Desa, Sabtu (16/5). bersama Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

Bupati Humbang Hasundutan dalam arahannya menyampaikan bahwa rapat ini merupakan persiapan dalam pembayaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBDesa.

Instruksi Kemendes Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Percepatan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, isinya penyaluran Bantuan tersebut harus Langsung Tunai. (BLT) Dana Desa harus tersalur sebelum tanggal 24 Mei 2020.

Dosmar juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa untuk tidak main-main dalam penyaluran Bansos. Data harus valid, ‘by name by address’, tidak boleh ada yang tumpang tindih atau penerima ganda. Pedomani isi Surat Edaran Bupati, apabila ada yang tumpang tindih maka salah satu harus dikembalikan melalui kas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan atau ke Bank Pemerintah.

Bupati menyampaikan, dipastikan seluruh warga Humbahas yang berhak akan menerima Bansos, baik yang bersumber dari Kemensos RI, Bansos APBD Provsu, BLT dari APBD Kab. Humbahas dan APBDesa.

Sekretaris Daerah Humbang Hasundutan, Drs. Tonny Sihombing, MIP bertindak sebagai moderator dalam tanya jawab. Para Kepala Desa antusias dalam bertanya seputar pendataan penerima BLT APBDesa. Dari tanya jawab tersimpulkan bahwa para Kepala Desa telah memahami tidak boleh ada penerima yang tumpang tindih atau penerima Bansos Ganda.

Data KK dinamis dari Dukcapil adalah sebagai master atau pedoman untuk mengetahui sumber dana Bansos yang diterima warganya apakah bersumber dari dana Bansos reguler dengan acuan DTKS, apakah dari Dana Bansos Dampak Covid19, apakah dari BLT APBD Humbahas.

Kades bersama Perangkat Desa harus memilah dengan seksama, sehingga warga penerima BLT sumber dana Desa tepat sasaran dan tidak tumpang tindih.

Hadir pada rapat ini, Staf Ahli Hukum dan Politik, Sabar Purba, SH, Inspektur Kabupaten Humbang Hasundutan, Drs. BP Siahaan, MM, Ka. BPKPAD Drs. John Harry Marbun, MMA, Kadis PMDP2A Drs. Elson Sihotang, Kadis Sosial Drs. Vandeik Simanungkalit,MM, Kadis Kominfo Drs. Hotman Hutasoit, Camat serta Kades se-Kabupaten Humbang Hasundutan.

 

 

Reporter : FP

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *