Gagal panen, Petani sayuran minta perhatian pemerintah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Simeulue – Tingginya curah hujan di Simeulue dalam beberapa bulan ini membuat petani Sayur-sayuran mengalami gagal panen. Kebanyakan tanaman sayur petani terendam banjir, sebagian diserang hama dan berbagai macam penyakit serta kendala lainnya.

Salah satunya yang terdampak gagal panen yaitu para petani di Desa Ujung Tinggi, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue. Beberapa varietas tanam yang gagal panen seperti, jenis sayur Bayam, Sawi, Kangkung, Jenis lain (Holti kultura).

Kerugiaan mareka menurut investigasi Mitrapol ke lapangan rata rata per satu orang petani Rp. 5.000.000 (Lima Juta Rupiah) sampai Sepuluh Juta Rupiah dalam satu bulan ini.

Di saat Media Mitrapol meninjau langsung para petani di kebun mareka, beberapa petani mengeluh dan menjelaskan nyaris tiada hari tanpa hujan membuat tanaman sayur jadi tumbuhnya tak seperti diharapkan.

Selama ini Petani Sayur di Ujung Tinggi khususnya tak pernah mendapatkan perhatian apalagi bantuan dari Pemerintah Kabupaten Simeulue khususnya Dinas Pertanian mereka bertani dengan jerih paya sendiri dan apa adanya.

Akibat cuaca buruk plus dampak Covid 19 kiranya Pemerintah Kabupaten Simeulue khususnya Dinas Pertanian membuka mata dan menaruh empati kepada para petani sayur.

 

 

Reporter: Sarwadi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *