MUI Mimika : Shalat Iedul Fitri 1441 H dipusatkan di Lapangan eks Pasar Lama

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Papua. akan menggelar Ibadah Shalat Iedul Fitri 1441 Hijriyah berpusat di lapangan Eks Pasar Lama, Jalan Yosudarso Timika.

Meskipun berpusat di lapangan, sebagian masjid juga akan diberikan surat keputusan (SK) dari panitia hari besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika untuk diijinkan menggelar Ibadah Shalat Ied nantinya.

hal ini bertujuan untuk meminimalisir pergerakan manusia dan membludaknya jamaah dilapangan ditengah penyebaran virus corona Covid-19 di Mimika.

Keputusan ini diambil setelah melalui rapat bersama MUI dan seluruh Ormas Islam serta DKM Masjid yang ada di Kabupaten Mimika, Papua bertempat di Gedung Serba Guna Masjid Babussalam Timika, Selasa (19/5).

“Peringatan Hari Raya tahun ini kita pusatkan di Lapangan eks Pasar Lama, diperuntukan bagi masjid-masjid yang ada di lingkungan sekitar lapangan eks pasar lama,” kata Ketua MUI Mimika, Ustadz H. Muhammad Amin di Timika, Selasa, (19/5).

Ketua MUI Mimika, Ustadz H.Muhammad Amin

Sementara Masjid Agung Babussalam dan Masjid-Masjid lainya yang ditunjuk PHBI juga akan dibuka dan menggelar shalat Ied dengan menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19.

Untuk memastikan Masjid-Masjid yang sesuai standar protokol kesehatan Covid-19, pihaknya akan mendatangi dan memeriksa pada H-1 pelaksanaan Shalat Ied.

“Nanti bila ditemukan adanya masjid yang tidak sesuai dengan standar Covid-19 yang disarankan oleh pemerintah daerah, maka SK akan dicabut dan tidak diijinkan menggelar shalat Ied,” Terang Ustaz Amin.

Dirinya menegaskan, terhadap Masjid-Masjid yang tidak mengantongi SK dari PHBI Mimika, maka tidak diijinkan untuk membuka masjid untuk pelaksanaan Ibadah Shalat Iedul Fitri 1441 Hijriyah.

“Kita tidak ingin ada klaster baru pasca shalat Ied nanti, kita akan layangkan surat ke Kapolres bahwa masjid yang tidak memiliki SK PHBI dinyatakan tidak mengadakan shalat Ied dan ditindak,”. Tagasnya.

Untuk jalanya shalat Ied kali ini, nantinya akan dibacakan Do’a Qunut oleh Imam pada rakaat ke-dua, hal ini agar mendoakan berakhirnya Pandemi virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya, melalui rapat bersama, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Mimika dengan sejumlah Ormas Islam telah menyetujui dan mengijinkan untuk pelaksaan Ibadah Shalat Idul Fitri 1441 H berlangsung selama 2 jam, yang rencananya digelar pada 24 Mei 2020 mendatang.

Sejumlah syarat dengan standar protokoler Covid-19 juga dilayangkan pemkab mimika untuk wajib ditaati saat Shalat Ied nanti, diantaranya, mencuci tangan dengan sabun, pakai masker, tidak berjabat tangan, jaga jarak sosial dan fisik dan aturan umum lainya.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *