40 spesimen rujukan dari RSUD Mimika Negatif, pemeriksaan SWAB di Timika mulai Kamis besok

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, Papua kembali meng-update perkembangan sebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika. Diketahui sebanyak 40 spesimen yang dikirim oleh RSUD Mimika ke Balitbangkes Jayapura dinyatakan negatif.

Alat VCR tersebut, diketahui mampu memeriksa sekitar 200 sampel per hari.

Hal ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara TGTPP Mimika, Reynold Ubra, melalui video conference, Selasa (19/5).

“Berdasarkan laporan hasil dari Litbangkes Jayapura kemaren (18/5), laporan yang kami terima bahwa 40 spesimen yang di rujuk dari RSUD Mimika, semuanya dinyatakan Negatif,” kata Reynold Ubra.

Dengan demikian, jumlah kasus Covid-19 di Mimika masih tetap dengan sebanyak 150 kasus.

Jubir juga menyebutkan, mulai hari Kamis, (21/5) besok, Klinik Kesehatan milik PT. Freeport Indonesia (PTFI) yang ada di Kuala Kencana, Timika sudah bisa melakukan pemeriksaan SWAB dengan menggunakan alat VCR untuk mendiagnosis pasien Covid-19. Tidak lagi di Jayapura.

“Mulai hari Kamis, (21/5), spesimen SWAB dari RSUD Mimika dirujuk ke Klinik Kuala Kencana untuk dilakukan pemeriksaan,” terang Ubra.

Jubir menambahkan, dihari yang sama juga, akan tiba teknisi yang ditugaskan untuk menyetel alat VCR yang ada di RSUD Mimika untuk membantu mengidentifikasi pasien Covid-19.

“Paling lambat hari Senin, sudah dilakukan pemeriksaan SWAB untuk mengidentifikasi SWAB di RSUD Mimika,” ujarnya.

Dengan keberadaan alat VCR tersebut, ia menyatakan sebagai suatu kemajuan di kabupaten mimika dalam hal penanganan Pandemi Covid-19.

Olehnya itu, mewakili Satgas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 serta Pemkab Mimika, dirinya berterimakasih kepada jajaran manajemen PTFI yang telah membantu penanganan sebaran virus corona melalui pengadaan alat kesehatan di Klinik Kuala Kencana.

“Perlu kami tegaskan, bahwa kami akan mendahulukan rujukan spesimen ke Klinik Kuala Kencana adalah pasien-pasien yang ditetapkan sebagai PDP,” pungkasnya.

Untuk diketahui, update sebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika per Selasa (19/5).

Jumlah orang terinfeksi virus corona sebanyak 150 orang, kemudian PDP berjumlah 124 orang, ODP 467 orang, dan OTG mencapai 808 orang.

Sedangkan jumlah orang yang diperiksa berdasarkan Rapid Tes di Timika mencapai hampir 900 orang. Dari total yang ada, sebanyak 700 orang dinyatakan reaktif.

Mereka yang dinyatakan reaktif kini telah menjalani isolasi mandiri dan dipantau tim Satgas Covid-19 Mimika.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *