Kadis PMD : Secepatnya akan kita cairkan BLT Dana Desa untuk warga terdampak Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pakpak Bharat, Saslian Sinamo mengatakan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) akan segera disalurkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

“BLT-DD ini dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Apbdes). Jadi rencananya kita menunggu proses surat sejenis penguatan dari Pak Pj. Bupati kepada camat dan kepala desa, agar BLT dapat segera dicairkan. Mungkin akhir bulan ini,” ungkapnya. Kadis yang akrab disapa Lian tersebut mengatakan hal itu saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya pada Kamis (14/5).

Untuk besaran bantuan, mantan sekretaris Dinas Pariwisata ini menjelaskan, tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan Rp 600.000/bulan selama tiga bulan.

Kepada penerima BLT nantinya, Saslian berharap bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan sehari-hari. “Saya tegaskan bahwa bantuan ini tidak untuk beli pulsa atau rokok. Tapi dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari,” harapnya.

Dia pun mengajak penerima bantuan agar sebisa mungkin membelanjakan uang yang didapat di desa masing-masing. Kalau pun barang yang dicari tidak tersedia, dia meminta untuk membelanjakan di desa tetangga dalam satu kecamatan.

“Ini dilakukan agar roda perekonomian tetap bergerak, sehingga masyarakat yang tidak menerima BLT juga dapat merasakan manfaatnya,” harapnya lagi.

Pada kesempatan itu Saslian juga menjelaskan adapun kriteria penerima BLT-DD, yakni keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan, tidak termasuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako/ Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu Pra Kerja.

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada mereka yang kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang berpenyakit kronis atau menahun, dan belum terdata. “Jadi, jika ada diantara kita yang merasa dobel menerima bantuan, ataukah ada saudara kita berhak tapi belum terdata, segera laporkan,” terangnya.

 

Reporter : Malau

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *