Tunjukan fungsi Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat, Aiptu Maman Surakhman giat sambang dialogis warga binaannya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon Kota -Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat. Bhabinkamtibmas merupakan singkatan dari “Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat”.

Kapolsek Lemahwungkuk Iptu Abud Majid, SH menyampaikan bahwa,“Anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Pegambiran Aiptu Maman Surakhman dengan warga RW 08 Kp. Karang Anom dengan bp Wa’uh guna memberikan arahan atau himbauan agar masyarakat disekeliling khususnya RW 08 agar memakai masker dan memberitahukan utuk jaga jarak, harus sering cuci tangan.

Hal ini sesuai dengan Kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan oleh Bhabinkamtibmas adalah sambang atau melakukan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat.

Pada Prinsipnya, kegiatan Bhabinkamtibmas hanya perlu 4 D (Datang-Duduk-Dengar-Dialog) dan 1 C (Catat),” Senin (18/05/20)

Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda, S.IK.,SH.,M.Si, melalui Kasubag Humas CIKO menyatakan,“Berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari Tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Sebagai seorang anggota Bhabinkamtibmas yang di tengah-tengah masyarakat, harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil yakni kelurahan atau desa, mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat,” tegas Iptu Ngatidja.

“Bhabinkamtibmas tidak harus bisa menyelesaikan semua masalah di tingkat desa, namun Bhabinkamtibmas harus mampu memfasilitasi permasalahan tersebut agar diselesaikan melalui forum yang lebih tepat, baik melalui FKPM maupun forum kemitraan dengan instansi pemerintah di tingkat kelurahan dan stake holder yang ada dalam masyarakat,” tambahnya.

 

 

Reporter : Darto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *