Hari pertama PSDD di Timika, Tim Medis berhasil Rapid Tes 405 warga yang keluar rumah, 28 orang reaktif

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Dihari perdana pemberlakuan Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD), Satgas Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, berhasil melakukan pemeriksaan Rapid Tes terhadap warga yang kedapatan berlalu lalang di sejumlah titik ruas jalan yang dijaga ketat petugas gabungan.

Tak tanggung-tanggung, tercatat dihari pertama PSDD, tim medis berhasil memeriksa dengan alat Rapid Tes sebanyak 405 orang.

“Mereka ini adalah yang ditemukan pada saat pembatasan sosial diberlakukan. Baik pejalan kaki, pengendara roda dua maupun roda empat, Tim kemudian melakukan pemeriksaan terhadap mereka, hari ini sebanyak 405 orang yang diperiksa,” kata Reynold Ubra di Timika, melalui Video Coference, Kamis, (21/5).

Dirinya menjelaskan, dar jumlah 405 orang yang terjaring rapid tes. Terdapat, 28 orang ditemukan reaktif.

Sehingga pihaknya langsung menghubungi tim medis yang ada di Shelter untuk mereka yang dinyatakan positif langsung diisolasi di Shalter.

“Sebanyak 20 orang melakukan isolasi mandiri dirumah dan 8 orang dibawa ke shelter untuk isolasi,” katanya.

Rupanya, isolasi di Shelter tak berjalan mulus, lantaran dari 8 orang yang diwajibkan isolasi di shelter, ternyata 4 orang diketahui melarikan diri untuk dilakukan isolasi di Shelter.

“Mereka sudah dibawa ke shelter tapi 4 orang kabur, padahal tim medis sudah menjemput mereka,”. Bebernya.

Jubir Satgas Covid-19 Mimika menyatakan, meskipun keempat orang yang diketahui reaktif dan telah melarikan diri, dirinya berjanji akan membuka identitas dari 28 orang reaktif termasuk 4 orang yang sengaja kabur. Hal ini agar masyarakat lebih berhati-hati atau waspada.

“Kami harus sampaikan ke publik supaya yang terjaring dan isolasi harus kita awasi bersama. Ini bukan ancaman tapi sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan virus corona di Mimika,” tegasnya.

Dirinya berharap agar masyarakat melihat ini secara positif dan menerapkan anjuran pemerintah termasuk mengikuti PSDD yang saat ini sedang diterapkan Pemkab Mimika.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *