Di Tengah cuaca ekstrim, Lanal Simeulue berikan bantuan sembako ke Pulau Siumat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Simeulue – Di tengah cuaca ekstrim Samudera Hindia, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Simeulue memberikan bantuan Sembako ke perkampungan Nelayan Desa Pulau Siumat Kecamatan Simeulue Timur Kab. Simeulue, Jumat (22/5).

Cuaca esktrim di wilayah Indonesia dalam sepekan akhir-akhir ini terus terjadi khususnya di Perairan Kab. Simeulue yang berada di tengah Samudera Hindia. Angin kencang dan ombak dengan ketinggian 4-6 meter masih terjadi dan sudah hampir dua pekan ini sehingga mengakibatkan Kapal Verry tidak dapat berlayar dan beroperasi dengan normal.

Hal itu disampaikan Komandan Lanal Simeulue Letkol Laut (P) Dian Wahyudi A.W., S.T., M.Tr. (Hanla), M.M. kepada Awak Media, Jumat (22/5) sesuai Kebijakan Pemerintah berkaitan dengan penanganan covid 19, agar Pemerintah Daerah terus menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat di daerahnya.

“Tentunya cuaca yang tidak bersahabat menjadi kendala ketika wilayah itu berada di tengah-tengah lautan atau samudera seperti di Kab. Simeulue, Prov. Aceh yang posisinya berada di tengah-tengah Samudera Hindia” sebut Letkol Laut (P) Dian Wahyudi A.W., S.T., M.Tr. (Hanla), M.M.

Lanjut dia, kalau cuaca ekstrim seperti ini, semua pelayaran dihentikan untuk faktor keamanan, namun saat ini masyarakat sedang dalam kondisi berjuang melawan pandemi covid 19, agar dampaknya dapat diminimalisir. Tranportasi umum darat, laut dan udara dibatasi hanya tranportasi sembako yang masih diijinkan” ujarnya.

Ia  (Dian Wahyudi-red), menjelaskan, dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL Sinabang I.1. 69) Komandan Lanal Simeulue Letkol Laut (P) Dian Wahyudi A.W., S.T., M.Tr. (Hanla), M.M. memberikan bantuan sembako dari seluruh personel Lanal Simeulue kepada masyarakat nelayan yang ada di Pulau Siumat tersebut.

Dalam penyerahan bantuan itu Danlanal secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang diwakili oleh Kepala Desa (Kecik) setempat, dengan demikian kita berharap Pak Kecik, Perangkat Desa lainnya lebih paham dengan kondisi masyarakatnya agar bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, semoga dapat bermanfaat dan sedikit mengurangi beban dampak covid 19 dan sebentar lagi masyarakat akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M.

Namun saat ini cuasa sedang tidak bersahabat angin, ombak dan gelombang besar yang menyebabkan masyarakat nelayan di Pulau Siumat, Kab. Simeulue, Prov.Aceh terisolasi tidak dapat melakukan kegiatan keluar pulau.

Danlanal menghimbau agar masyarakat tetap semangat dan bersabar menghadapi situasi sulit seperti ini serta berharap nelayan Pulau Siumat tidak mudah putus asa dan terus berusaha meningkatkan taraf kehidupan mereka dengan memajukan bidang pertanian dan perkebunan seperti: padi, cengkeh, kelapa, pisang dan sayur sayuran serta dapat menciptakan produk olahan dari hasil laut, imbuhnya.

 

 

Reporter : Hendra M

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *