Lindungi diri dari Coronavirus, ini ajuran WHO

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Akhir-akhir ini dunia sedang dilanda oleh virus mematikan yaitu coronavirus. Virus jenis baru yang diketahui berasa dari Wuhan. Virus ini telah menyebar hingga ke lebih dari 180 negara dan menyebabkan banyak perubahan besar dalam gaya hidup dan cara kita bersosialisasi.

Karena virus ini pula perekonomian menjadi lumpuh. Aktivitas di luar rumah menjadi terhambat. Semua kini berjarak. Dengan adanya virus ini, tentu banyak pihak yang dirugikan. Pengusaha yang gulung tikar, pegawai yang di-PHK, dan sebagian pedagang yang kehilangan mata pencahariannya.

Tentu hal ini menyita perhatian dunia. Termasuk WHO. Menurut WHO hal yang paling penting untuk mencegah penularan adalah dengan menjaga kebersihan. Salah satunya dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air ataupun gel pembersih. Diperkirakan jika cara ini dapat membunuh virus yang ada di tangan. Jangan pula menyentuh mata, hidung ataupun mulut. Tangan anda yang menyentuh banyak permukaan dapat membawa virus.

Tips Melindungi Diri Dari Virus Corona

Berikut ini beberapa tips yang diberikan oleh WHO untuk melindungi diri dari coronavirus atau COVID-19.

1. Mencuci tangan hingga bersih

Seperti yang sudah diketahui, mencuci tangan selama minimal 20 detik di bawah air yang mengalir dapat membunuh kuman yang menempel di tangan. Untuk itu, cara melindungi diri dari virus ini adalah dengan mencuci tangan di bawah air yang mengalir dengan menggunakan gel pembersih.

2. Menutup mulut saat batuk dan bersin

Ketika bersin ataupun, disarankan untuk menutup mulut. Kemudian mencuci tangan. Bila menggunakan tisu, maka buanglah tisu bekas bersin ataupun batuk dengan segera. Hal ini dapat menghindari air liur yang mengandung virus dapat menyebar ke orang lain.

Perlu juga menjaga jarak paling tidak dua meter, kira-kira dua kali bentangan tangan satu sama lain. Saat anda berada di luar, maka WHO mengatakan penting untuk menghindari berjabat tangan dan “menyapa dengan aman” seperti melambaikan tangan atau mengangguk.

3. Tidak Menyentuh area mata, hidung dan mulut

Seperti diketahui jika ada baiknya untuk meminimalisir menyentuh area wajah. Misalnya mata, hidung dan mulut. Hal ini untuk melindungi diri agar tidak tertular virus mematikan ini. karena bisa saja tangan yang digunakan mengandung virus yang kemudian dapat terbawa ke dalam tubuh melalui sentuhan di wajah. Jadi, perlu untuk menghindari menyentuh wajah terlalu sering.

Menurut para ahli Kesehatan, masker wajah tidak menjadi perlindungan yang ampuh. Sehingga perlu perlindungan diri yang lain untuk mencegah infeksi ini menyerang anda. Virus ini diketahui menginfeksi paru-paru. Bahkan gejala dimulai dengan demam diikuti batuk kering yang kemudian mengganggu pernapasan.

Adapun, batuk yang diderita berlangsung terus menerus, lebih dari satu jam, atau ada yang tiga jam atau lebih serangan batuk dalam 24 jam, terutama kalau batuknya lebih parah daripada biasanya. Untuk memperlihatkan gejala, ilmuwan berpendapat jika rata-rata memakan waktu setidaknya lima hari. Akan tetapi, pada beberapa orang gejala bisa terlihat lebih lama lagi. Sehingga WHO mengatakan masa inkubasi penyakit bisa berlangsung 14 hari.

Cara perlindungan diri paling ampuh adalah dengan menjaga kebersihan. Misalnya dengan cuci tangan yang bersih dan benar. Tentu ini menjadi hal mudah yang bisa anda lakukan di rumah. Membatasi kontak dengan orang lain. Sehingga lebih baik berdiam diri di rumah. Jika ada keperluan mendesak baru keluar rumah.

Adapun jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang bagaimana melindungi diri dari coronavirus adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahlinya. Halodoc menawarkan kemudahan pada anda untuk memberikan konsultasi dengan mudah. Tidak perlu repot-repot keluar rumah anda sudah bisa berkonsultasi. Ada banyak dokter terpercaya di halodoc. Sehingga anda tidak perlu khawatir. Selamat mencoba. Stay safe and healthy!

 

 

DR

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *