Sepekan PSDD di Timika, 1.857 orang terjaring dan diperiksa Rapid Tes, 175 dinyatakan Reaktif

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pemberlakuan Pembatasan Sosial Disperluas dan Diperketat (PSDD) oleh petugas gabungan dari Satgas Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika dimulai setiap pukul 14:00 Wit hingga pukul 06:00 Wit.

Selama masa PSDD berlangsung, petugas gabungan menjaring dan menilang kendaraan, selanjutnya kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang terjaring diamankan di Kantor Pelayanan Polres Mimika.

Selain itu bagi pengendara dan penumpang digiring untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan alat Rapid Tes (tes cepat) anti body.

Bila warga yang ditemukan reaktif dari Rapid Tes, langsung dijemput tim medis untuk dievakuasi ke ruang Shelter yang telah disiapkan Satgas Covid-19 Mimika untuk menjalani Isolasi.

Untuk penerapan PSDD sendiri hingga hari hari ini, Rabu, (27/5) telah memasuki sepekan atau hari ke-tujuh.

“Dihari ke-tujuh PSDD ini, secara keseluruhan sudah diperiksa 1.857 orang yang terjaring saat melanggar PSDD. Dari jumlah yang ada sebanyak 175 orang dinyatakan positif Rapid Tes dan sedang menjalani isolasi,” kata Reynold Ubra selaku Jubir Covid-19 Mimika, melalui video conference yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Kabupaten Mimika, Rabu, (27/5) malam.

Ubra juga mengatakan, terdapat empat orang positif Rapid Tes hasil penjaringan PSDD melarikan diri saat menjalani isolasi di Shelter, saat ini dua orang telah kembali menjalani isolasi dan masih tersisa dua orang lagi yang belum kembali ke Shelter.

Reynold Ubra selaku Jubir Covid-19 Mimika kemudian kembali membeberkan identitas dari dua orang yang belum kembali pasca kabur dari Shelter dan diminta untuk diekspose.

“Dua orang sampai hari ini belum kembali diantaranya, laki-laki bernama Riski Talubun (27), beralamat di Jalan Samratulangi, kemudian yang ke-dua adalah laki-laki bernama Oktovianus Raulun, beralamat daerah Nawaripi

Keduanya dinyatakan positif Rapid Tes saat terjaring PSDD di hari ke-4, tepatnya pada tanggal 24 Mei 2020 lalu. Pemeriksaan dilakukan di area depan Kantor POM lama, Timika.

Jubir Covid-19 Mimika mengimbau agar masyarakat dan keluarga dari kedua orang tersebut khusus bagi yang mengetahui keberadaan yang bersangkutan agar segera melapor ke Satgas Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Mimika.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *