Dorong UMKM kreatif, Kadin Sumsel desak perbankan fasilitasi restrukturisasi pelaku UMKM di pedesaan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Palembang – Bupati Musi Banyuasin Dr. Dodi Reza Alex Lic Econ MBA yang juga Ketua Kamar Dagang Industri (KADIN) Sumatra Selatan mendorong perbankan jemput bola hingga ke kawasan pelosok memberikan fasilitas restrukturisasi bagi pelaku UMKM di kawasan pedesaan.

Ini dilakukan guna meringankan beban pelaku UMKM yang saat ini sangat terdampak wabah Covid-19. Hal ini disampaikan Dodi Reza Alex saat menyalurkan bantuan dari KADIN Sumsel kepada warga dan Tenaga Kesehatan terdampak Covid-19 di Palembang, Jumat (29/5/2020) di Kantor KADIN Sumsel.

“Pelaku UMKM juga terdampak Covid-19, ini berbeda pada kasus 1998 dahulu dimana pada saat itu pelaku UMKM jadi bumper perekonomian, tetapi di tengah wabah Covid-19 ini pelaku UMKM sangat membutuhkan stimulus bantuan. Saya minta pihak perbankan jemput bola memberikan fasilitas restrukturisasi pelaku UMKM,” ujar Dodi Reza.

Menurutnya, di masa pandemi covid-19 ini hampir semua pelaku UMKM terdampak secara ekonomi. Harus tetap mengembangkan usaha. “Negara tidak memberikan subsidi untuk pelaku UMKM, oleh sebab itu saya sudah berkoordinasi dengan perbankan agar benar-benar jemput bola menyisir fasilitasi restrukturisasi pelaku UMKM sampai ke kawasan pedesaan,” tambahnya.

Lanjut Dodi, dirinya yang juga Bupati Muba saat ini mendorong pelaku UMKM di Muba khususnya untuk kreatif selama dihadapi masa pandemi covid-19.

“Di Muba saya melibatkan pelaku UMKM untuk membuat masker, dimana kami Pemerintah menerapkan program pembagian sejuta masker untuk warga Muba. Nah, program ini kami jalankan bersama-sama dengan melibatkan pelaku UMKM di Muba,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Harian KADIN Sumsel H Affandi Udji SE menyebutkan adapun bantuan yang disalurkan KADIN Sumsel untuk warga terdampak Covid 19 dan beberapa Rumah Sakit di Palembang yakni diantaranya 350 paket sembako dan 100 Alat Pelindung Diri (APD) untuk Rumah Sakit Bari dan Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang.

“Bantuan ini berasal dari urunan anggota dan pengurus KADIN Sumsel yang di inisiasi KADIN pusat bersama Ketua KADIN Sumsel Dr Dodi Reza Alex,” jelasnya.

Affandi menambahkan, warga yang mendapatkan bantuan tersebut diantaranya penyandang Tuna Netra dan beberapa panti asuhan. “Semoga bantuan ini bermanfaat, dan sedikit meringankan beban mereka yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Bantuan yang disalurkan, lanjut Affandi merupakan bantuan tahap pertama dan ini akan terus disiapkan apabila pandemi Covid-19 masih terjadi. “Ini juga akan diikuti pengurus-pengurus KADIN Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel,” ungkapnya.

Pada rangkaian penyaluran bantuan KADIN Sumsel dan Yayasan KADIN Indonesia Peduli tersebut juga turut dihadiri Ketua HIPMI Sumsel M Akbar Alfaro BBus, dan Perwakilan KADIN Kabupaten/Kota di Sumsel.

 

 

Reporter : Anto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *