Ratusan pengunjung banjiri Pulau Sayafi dan Liwo, Bucili jadi spot destinasi wisata Tirta

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Ratusan wisatawan domestik dari berbagai daerah membanjiri objek wisata Pulau Sayafi dan Liwo semasa libur Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, Senin (1/6/2020).

Tak hanya masyarakat Halmahera Tengah, rupanya Pulau Sayafi dan Liwo yang terletak Kecamatan Patani Utara, Halmahera Tengah (Halteng) ini digeruduk oleh puluhan warga dari Halmahera Timur (Haltim).

Destinasi wisata alam mulai dari pasir putih, pohon Kayu Kasuwari, mancing mania dan ratusan spot kedua pulai ini menjadi destinasi utama untuk dituju wisatawan bersama keluarga.

Sebuah kawasan yang masuk dalam perairan pasifik ini rupanya sangt baik untuk rekreasi maupun kegiatan olahraga air. Anda bisa menyelam, berselancar, atau memancing bagi yang hobby atau doyan ikan.

Tempat ini beda dari destinasi wisata Halteng lainnya karena memiliki sebuah pulau di lepas pantainya yang berupa pasir timbul ke permukaan laut.

Jikalau sedang surut, pemandangannya jadi lebih keren. Untuk menginjakkan kaki di atas pasir putih sambil merasakan semilir angin pembawa aroma samudra, kamu harus menumpang perahu milik nelayan setempat.

Pasir terapung yang biasa disapa ‘Ubb’ ini juga memiliki segudang terumbu karang yang masih utuh disekitarnya. Untuk menatap indah panoramanya sambil berfoto-foto, pengunjung cukup mendirikan istana perkemahan di pinggir pantai Bucili.

Sampai saat ini pulau Sayafi dan Liwo masih ramai dikunjungi oleh mahasiswa dan pelajar untuk melepas penat. Tak hanya itu, reunian angkatan hingga kini masih terus dirayakan ditempat ini meski Covid-19 tengah mengancam.

Seorang masyarakat Tepeleo, Herman Jumat kepada media ini menyampaikan, dirinya bersama beberapa kerabatnya sengaja menggelar reunian angkatan di pulau Sayafi karena keindahan alam dan panoramanya.

Herman juga mengisahkan kegembiraanya selama dua hari di tanjung Bucili. Menurutnya, Halteng sangat luar biasa karena memiliki surga dunia di Patani Utara.

“Sengaja reunian angkatan kami (2007) ini durayakan di Pulau Sayafi karena pemandanganya yang memukau. Momen ini terlalu bagus dan sulit untuk dilupa. Halteng luar bisa, akan lebih baik jika Pemerintah setempat menjaga dan menata kedua pulau ini sehingga memiliki nilai jual kedepan,” katanya.

Tak sampai disitu, salah satu warga Haltim, Adi saat didatangi kru media ini mengatakan, dirinya takjub dengan spot yang ada di pulau Sayafi dan Liwo. Selama tiga hari ia bersama kelompoknya jauh-jauh dari Wayamli dan Maba hanya untuk berfoto-foto dan menikmati pemandangan di tanjung Bucili.

“Kami banyak orang dari Haltim. Tujuan kami kesini untuk berlibur. Menurut kami pemandangan di pulau ini sangat bagus, soalnya disini lautnya sangat bersih dan jernih. Lebaran Idul Adha nanti rencana kami akan datang lebih banyak lagi. Kami juga berharap pulau ini perhatikan oleh Pemerintah,” kata Adi.

Sementara seorang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik dari Universitas Muhammadiyah (UMMU) Maluku Utara, Supriansah Nurdin mengaku, Sayafi dan Liwo secara keseluruhan memiliki spot pengambilan gambar yang sangat bagus untuk dijadikan bahan Mata Kuliah Fotografer.

“Disini banyak sekali ‘angle’ untuk diambil, saya sebagai mahasiswa yang menekuni dunia Jurnalistik/Fotografer merasa terbantu ketika berada di kedua pulau ini. Apalagi saat saya sedang fokus untuk membuat opini mata kuliah Teknik Penulisan Jurnalistik II (TPJ II). Intinya Pulau Sayafi dan Liwo keren abis,” tutur Ansah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Tengah, Husain Ali menjelaskan, wisata Sayafi dan Liwo masuk dalam program pengambangan kawasan pesisir dan pulau kecil. Menurutnya, kawasan itu akan ditetapkan sebagai salah satu objek prioritas Pemda Halteng.

“Untuk program pengembangan pariwisata, kawasan itu (Sayafi/Liwo-red) ditetapkan sebagai salah satu prioritas pengembangan objek dan daya tarik Strategis Daerah. Daya tarik strategis kita diantaranya adalah pulau Moor, Sayafi, Liwo, dan kepulauan Gebe. Beberapa pulau ini sangat berpotensi kedepan,” imbuhnya.

 

 

Reporter : Sahwan

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *