Pemkab Nias laksanakan rapat Gugus Tugas Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nias Barat – Pemerintah Kabupaten Nias Barat melaksanakan rapat gugus tugas penanganan Covid-19, bertempat di Alun-alun Pendopo Bupati Nias Barat. Senin (11/6).

Hadir dalam rapat ini, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd, Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Kapores Nias AKBP. Deni Kurniawan, S.Ik.,MH, DANDIM 0213/NIAS Letkol.inf.TP Lubuan Simbolon, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Sekda Nias Barat, dan Segenap pimpinan OPD Eselon II Lingkup PEMKAB Nias Barat.

Acara dimulai dan dipandu oleh bagian ke protokolan dan acara Oktafianus Hia dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya diteruskan dengan laporan dari Asisten Pemerintahan Drs. Darman Gulo.

Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo dalam sambutanya, menyampaikan informasi sekaligus membacakan progres Penanganan dan penanggulangan COVID-19 yang telah disiapkan anggarannya dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Nias Barat sebesar 22 Miliar Rupiah yang dibagi dalam tiga sektor umum yaitu penanganan kesehatan 14 miliar, Penanganan jaringan pengamanan sosial sebesar 3 Miliar Rupiah. Penanganan dampak ekonomi sebesar 5 Miliar Rupiah.

Hal-hal yang sudah dan sedang berlangsung dilakukan antara lain penyemprotan kantor-kantor pemerintah, pengadaan peralatan kesehatan, pendeteksi dini suhu badan di bandara dan di pelabuhan Gunungsitoli serta pendistribusian Masker Kain di masing-masing kecamatan 100 buah dan setiap desa 50 buah.

Lanjut Fakhili Gulo, ada juga bantuan sosial dari Pusat, Provinsi SUMUT, PKH, dan Bansos Tunai lainnya.

Sementara, AKBP Deni Kurniawan, S.ik.,MH Kapolres Nias dalam kata penguatan mengatakan, kita sedang berperang melawan Covid-19 dalam situasi tanggap darurat tahap pertama sampai 29 Mei 2020 puji Tuhan hasil yang menggembirakan bahwa sampai hari ini tidak ada terkonfirmasi positif Covid-19 di Pulau Nias. Ini merupakan salah satu hasil dari kerja sama kita bersama. Hanya bisa di lawan oleh karena kebersamaan, ujarnya.

Senada dengan itu, Dandim 0213/Nias Letkol.inf.TP Lubuan Simbolon, mengatakan kami cinta Tano Niha dan dalam penanganan Covid-19 kadang kami harus keras bahkan melakukan penyemprotan dan menegur setiap kerumunan yang ada adalah bukti ke cintaan kami melindungi masyarakat Nias.

Ditempat yang sama, Ketua pengadilan Negeri Gunungsitoli melanjutkan dalam penguatan dan informasi bahwa data yang tidak benar akan menimbulkan masalah. Hindari conflik dengan bekerja sebaik-baiknya dan melakukan pendataan yang benar.

Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu juga dalam penguatan dan informasi yang disampaikannya mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kunci dari pencegahan Covid-19 adalah menekan kedatangan orang-orang kita yang berasal dari Zona Merah. Dalam hal pendistribusian Bansos agar benar-benar dilakukan dengan baik. Harapan kita bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil dalam penanganan Covid-19 benar-benar berpihak kepada yang layak dan pantas menerimanya terutama masyarakat kita yang benar-benar membutuhkan.

Faduhusi Daeli, S.Pd Bupati Nias Barat dalam arahannya menyampaikan atas nama Pemerintah Nias Barat meminta maaf kepada saudara-saudara yang beragama muslim karena dalam acara ini terpakasa di suguhi makanan dan minuman di tengah-tengah bapak/ibu sedang menjalankan Bulan Suci Ramadan.

Efaluasi gugus tugas Covid-19 Kabupaten Nias Barat saat ini tidak ada yang sudah positif Virus Corona di Kabupaten Nias Barat. Ada lima OPD yang terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 ini yakni Kadis Kesehatan, Kadis PMD, KADIS Sosial, KABAN BPBD dan Kepala BPKPAD. Kita terus melakukan percepatan penanganan dengan mendesak data baik dari desa, Kecamatan, dan Dinas Sosial, kita ikuti reguladi karena semua kita tidak ada yang mau di pernjara.

Lanjut Bupati, apa yang sudah kita lakukan hanya awal dan kita ikuti prosedur dan SOP yang ada. Ada berbagai BANSOS yang kita salurkan kepada masyarakat dan tentu tidak sekaligus tetapi kita ikuti prosedur dan SOP yang ada, ada BANSOS buat masyarakat miskin, ada Bansos buat hamba Tuhan, Ada Bansos Buat LSM/wartawan yang terdampak Covid-19 dengan anggaran 22 Miliar yang telah kita siapkan. Usai arahan dari Bupati Nias Barat dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan APD dari SAAP SHARES yang diawali dengan sepata kata dari koordinator Tim yaitu Abineri Gulo, S.Th

 

 

Reporter : Yas Gulo

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *