Polsek Simpang Pematang sulap lahan kosong jadi Kebun Terong

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Mesuji – Pandemik Covid-19 di Kab. Mesuji selain masyarakat terkena dampak langsung, di rasakan juga oleh Polri khususnya Polsek Simpang Pematang Polres Mesuji.

Oleh sebab itu Kapolsek Simpang Pematang Kompol Yanto Dani bersama anggota polsek mengambil inisiatif untuk mengolah lahan kosong yang berada di belakang Polsek Simpang Pematang dengan luas lebih kurang 40×50 meter persegi.

Adapun langkah yang diambil yaitu menanam palawija dilahan kosong tersebut berupa Tanaman Terong Hijau.

Tahapan-tahapan yang di laksanakan :

1. Pengolahan lahan kosong yang sebelumnya ditumbuhi ilalang/rumput dilakukan pembersihan, selanjutnya lahan tersebut dilakukan pengemburan tanah dengan cara dicangkul yanag dilakukan oleh anggota Polsek Simpang Pematang.

Setelah dilakukan pembersihan dan penggemburan, selanjutnya dilakukan penyuburan lahan dengan cara diberikan pupuk kandang serta di berikan sedikit pupuk NPK mutiara.

Ini dilakukan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 26 s/d 28 Maret 2020.

2.Pemilihan bibit terong hijau dilakukan dengan cara membeli.

3. Penyemaian bibit terong hijau dilakukan dengan cara diletakkan di pot-pot polybag selama 10 (sepuluh) hari dari tanggal 30 maret s/d 08 April 2020.

4. Menyiapkan lubang-lubang di tanah yang sudah digemburkan dengan tongkat kayu sedalam 5-10 cm Dengan jarak sekitar 60 cm.

5. Memindahkan tanaman yang berada di polybag kelubang-lubang yang telah disiapkan.

6. Setelah di tanami dilakukan pemeliharaan dengan cara di siram dan pembersihan rumput yang tumbuh disekitar tanaman terong.

Hal ini di lakukan selama 40 (empat puluh) hari sampai tanaman berbuah.

7. Tanaman terong hijau sudah siap dipanen sampai menunggu buah terong besar.
8. Proses panen perdana buah terong dilakukan dengan cara di petik oleh Kapolsek Simpang Pematang bersama anggota pada tanggal 18 Mei 2020.

Adapun hasil panen perdana buah terong sebanyak lebih kurang 100 kg dibagikan kepada personil polsek sp pematang dan dibagikan juga kepada masyarakat sekitar Polsek Simpang Pematang.

Selain itu juga buah terong dimanfaatkan oleh ibu-ibu bhayangkari untuk membantu tambahan bahan pangan di keluarga dengan cara diiris digoreng dengan menggunakan tepung krispi.

Kandungan buah terong hijau adalah :

1. Kandungan serat
2. Kalium
3. Vitamin C dan B-6
4. Fitonutrien

Manfaat buah terong hijau adalah :
1. Menjaga kesehatan Jantung
2. Mengendalikan kadar kolesterol
3. Meningkatkan Fungsi otak
4. Mencegah Kanker
5. Membuat kulit lembut

Kegiatan penanaman palawija dilahan kosong Mako Polsek Simpang Pematang selain bermanfaat untuk Masyarakat sekitar hasilnya dapat dirasakan juga oleh keluarga anggota Polsek Simpang Pematang.

 

 

Reporter : Adi Mariman /Hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *