Antisipasi antrian panjang pemohon SIM, Ditlantas PMJ berencana buka kembali Gerai Samsat di Mall

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Antusias masyarakat untuk memperpanjang masa berlaku SIM dalam dua hari terakhir ini membuat di beberapa Satpas SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot mengalami antrian yang sangat panjang.

Melihat kondisi tersebut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akhirnya berencana membuka beberapa gerai pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Jadetabek yang sempat ditutup.

Layanan gerai perpanjangan SIM itu rencananya akan dibuka kembali ketika mal telah beroperasi, pada saat pelaksanaan tatanan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, masyarakat tidak lah perlu khawatir jika SIM habis masa berlakunya dibulan ini, dirinya menjamin tidak ada tindakan penilangan di lapangan oleh petugas jika SIM yang dimiliki masyarakat telah habis masa berlakunya.

“Saya jamin anggota kami tidak ada yang melakukan penindakan penilangan dilapangan yang habis masa berlaku SIM-nya sampai dengan 30 Juni 2020,” kata Kombes Sambodo, di Mapolda Metro Jaya, Rabu sore (3/6/2020).

Sambodo menambahkan, dalam pelaksanaan pembukaan gerai perpanjangan SIM nantinya juga akan menerapkan protokoler kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. Seperti, kewajiban menggunakan masker hingga pemberlakuan jaga jarak fisik antar pengunjung.

“Nanti setelah mal sudah boleh dibuka dengan new normal dan protokol Covid-19 yang ketat, maka gerai SIM yang di mall juga akan kita buka kembali,” tambahnya

Sambodo berharap dengan dibukanya kembali gerai pelayanan perpanjangan SIM di mal saat pelaksanaan new normal dapat mengurangi antrean di sejumlah kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM.

“Sehingga ini akan membantu untuk memecah antrean,” ujarnya.

Sambungnya, saat ini pelaksanaan pelayanan SIM keliling sudah dioperasikan di wilayah jakarta timur, guna mencegah penumpukan pengunjung di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur.

“Ada juga SIM Keliling di Taman Mini untuk membantu mengatasi antrean di (Satpas) SIM Jakarta,” jelas Kombes Polisi Sambodo.

Kombes Sambodo mengingatkan dalam tatanan baru, agar seluruh pemohon SIM diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan COVID-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sekaligus, Dirlantas juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang mengalami antrian panjang dan penumpukan pengunjung dipelayanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas)

 

 

Reporter : BS

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *