Pj. Bupati Pakpak Bharat gagas pendirian Kampus Politeknik Negeri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution, MA, menggagas pendirian kampus Politeknik Negeri Medan, di Kabupaten Pakpak Bharat dalam bentuk Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU).

Menurut Plt. Kadispen Pakpak Bharat, Kasiman Berutu, Senin (08/06), menjelaskan bahwa gagasan ini disampaikan Pj, Bupati Pakpak Bharat saat penandatangan MOU antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bersama Politeknik Negeri Medan terkait penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, di Kampus Politeknik Negeri Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu Lalu.

“Selain itu, Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr. H Asren Nasution, MA, juga mengusulkan agar seleksi calon mahasiswa yang berasal dari Pakpak Bharat diberikan perlakukan khusus,” ujar Kasiman.

Lanjut Kasiman Berutu, realisasi MOU ini akan diwujudkan secepat mungkin dalam beberapa aspek diantaranya, Dinas Pendidikan Kabupaten Pakpak Bharat diberi kesempatan mengusulkan nama-nama yang dianggap memiliki kemampuan akademik untuk diseleksi menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Nama-nama tersebut kemudian diseleksi sesuai standarisasi Politeknik Negeri Medan.

“Jika sudah diterima menjadi mahasiswa, maka Pemkab Pakpak Bharat akan menyiapkan bea siswa. menggagas pendirian kampus Politeknik Negeri Medan di Pakpak Bharat, dalam bentuk Program Studi diluar Kampus Utama (PSDKU) dan saat ini tinggal menunggu izin dari kementerian” jelas Kasiman Berutu.

Menindak lanjuti MOU tersebut, Direktur Politeknik Negeri Medan, beserta tim dijadwalkan datang ke Kabupaten Pakpak Bharat di minggu ketiga bulan juni 2020 mendatang, guna memenuhi undangan Pj. Bupati Pakpak Bharat untuk memberikan pembekalan kepada para kepala sekolah dan guru-guru, tentang metode pembelajaran serta memberikan pembekalan kepada para kepala desa dan perangkatnya tentang pengelolaan BUMDES berbasis potensi alam sekitar.

Sedangkan terkait pendirian Kampus di Kabupaten Pakpak Bharat, sebelumnya sudah mulai digagas di era kepemimpinan Bupati Remigo, yaitu dibidang Pariwisata. Namun hingga saat ini proses perizinannya masih berlarut larut, sehingga Pj Bupati Pakpak Bharat, menggagas Pendirian Kampus Polteknik Medan dan berharap, pendirian kampus Politeknik Negeri Medan Ini nantinya, bisa menjadi cikal bakal berdirinya Politeknik Pakpak Bharat.

Untuk pendirian kampus Politeknik Negeri Medan di Kabupaten Pakpak Bharat, dijadwalkan di bulan September 2020 mendatang, sudah lounching. Sedangkan untuk proses kegiatan belajar, sementara waktu akan di pusatkan di Balai Diklat Cikaok, STTU Julu.

 

 

Reporter : Malau/Hms

 

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *