Keluar dari Mimika harus kantongi rekomendasi TGTPP Covid-19, begini cara mengajukannya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Warga masyarakat Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang hendak melakukan perjalanan keluar daerah dengan menggunakan jasa penerbangan saat ini sudah bisa mengambil formulir pengajuan yang disiapkan Pemerintah Kabupaten melalui Satgas Covid-19 dimulai pada Selasa, (9/6) untuk direkomendasi keberangkatan.

Hal ini diungkap langsung oleh Reynold Ubra selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 Mimika, melalui video confrence kepada media, Senin (8/6) malam yang difasilitasi Dinas Kominfo Mimika.

“Mulai besok (Selasa, 9/6-red) Masyarakat sudah bisa mengambil formatnya di posko-posko kesehatan maupun sekretariat di Hotel Grand Mozza,” kata Reynold Ubra.

Jubir menerangkan, bagi pelaku perjalanan yang ingin ke luar wilayah Kabupaten Mimika diwajibkan mengajukan permohonan untuk memperoleh rekomendasi dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng selaku ketua Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika.

Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 Mimika

“Surat permohonan yang diajukan wajib melampirkan surat pengantar dari pihak kelurahan maupun kampung serta melampirkan Foto Copy KTP atau Identitas lainnya. Jika perjalanan luar daerah bersifat Kedinasan, maka wajib melampirkan surat pengantar atau bukti surat tugas dari instansti yang bersangktuan,” terang Ubra.

Jubir Satgas Covid-19 juga menyebutkan, warga yang hendak mengajukan dokumen keberangkatan bisa melalui nomor Handphone yang disediakan Satgas Covid-19.

Diantaranya, Nomor Kontak Person 0813 4408 5714 atau 0852 4195 7463. Dua nomor ini bisa dihubungi untuk kepentingan dokumen keberangkatan.

“Dengan dua nomor layanan ini, pelaku perjalanan boleh mengirimkan dokumenya berupa Soft Copy. Selanjutnya, Tim Gugus Tugas akan memverifikasi atau pemeriksaan dokumen yang telah dikirim,” terangnya.

Jubir menegaskan, setelah verifikasi dokumen berupa Soft Copy yang diajukan, nantinya Tim Gugus Tugas Kesehatan akan menghubungi yang bersangkutan.

“Hingga saat ini tidak dipungut biaya. Nanti kita lihat perkembangan ke depan terkait adanya biaya administrasi setelah ada Peraturan Bupati atau Surat Keputusan Bupati Mimika sebagai Ketua Tim Gugus Tugas,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, Surat Rekomendasi perjalanan keluar daerah di wilayah Kabupaten Mimika, Papua hanya bisa diterbitkan oleh ketua Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid -19 Mimika. Lain dari itu tidak diperkenankan.

Dimana, pelaku perjalanan diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan mengikuti pemeriksaan kesehatan antibodi atau Rapid Tes pada fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh tim gugus tugas untuk mengantongi surat rekomendasi bebas Covid-19 sebagai syarat keberangkatan.

“Masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan diluar fasilitas kesehatan yang kami (Satgas Covid-19-red) tunjuk. Kami tidak akan memberikan rekomendasi untuk melakukan perjalanan ke luar Timika,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini Pemkab Mimika terapkan Pra New Normal atau kesiapan menuju kehidupan baru ditengah merebaknya Pandemi Covid-19, salah satunya Bandara dan Pelabuhan kembali diijinkan untuk beroperasi namun sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Di Bandara Mimika sendiri tedapat sejumlah maskapai yang beroperasi diantaranya, Garuda Indonesia, Sriwijaya, Batik Air dan maskapai City Link.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *