Surat Edaran Bupati Nunukan tentang penyesuaian sistem kerja ASN di tengah pandemi Covid-91

  • Whatsapp
Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid SE.,MM.

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Menindaklanjuti Surat Edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 58 Tahun 2020 Tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Tatanan Normal Baru.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 dilingkungan pemerintah Kabupaten Nunukan. Senin (9/6).

Pelaksanaan tugas kedinasan bagi ASN dan Non ASN pada Pemerintah Kabupaten Nunukan dilaksanakan dengan sistem shift, yang diatur oleh Kepala Perangkat Daerah dan bagi ASN dan Non ASN yang tidak sedang menjalankan tugas kedinasan di kantor maka dapat melaksanakan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal masing-masing.

Para Kepala Perangkat Daerah memastikan ASN dan Non ASN agar mencapai sasaran kerja dan memenuhi target kinerja serta memastikan penyesuaian sistem kerja yang dilakukan di lingkungan instansinya tidak mengganggu kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

 

Seluruh pegawai tetap menyampaikan laporan kerja kepada atasan langsung masing-masing secara berjenjang.

Absensi dengan sistem sidik jari (finger print) ditiadakan, dan melaporkan kehadiran dengan manual atau dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia, apel pagi juga ditiadakan selama masa Pandemi –°OVID-19.

Pelaksanaan Jam Kerja mengacu pada Peraturan Bupati Nunukan Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Jam Kerja Bagi Aparatur Sipil Negara dan Non Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan dan Peraturan Bupati Nunukan Nomor 4 Th 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nunukan Nomor 20/2019 Tentang Ketentuan Jam Kerja Bagi Aparatur Sipil Negara dan Non Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Mengoptimalkan masa WFH dengan mengikuti seminar-seminar online (Webinar) dalam rangka peningkatan kompetensi ASN dan Non ASN dengan memanfaatkan teknologi inofmasi yang tersedia.

Menerapkan pola hidup sehat, menghindari aktivitas yang terdapat atau melibatkan banyak orang, agar tetap mengikuti protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dan menerapkan jaga jarak (physical distancing) sesuai dengan petunjuk dan arahan pemerintah.

 

Untuk menyongsong pelaksanaan Tatanan Normal Baru (New Normal) sebagaimana telah diarahkan oleh Presiden, maka diminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk menyusun Standar Pelayanan baru produktif dan aman COVID-19 beserta sarana dan prasarana pendukung serta Sumber Daya Manusia aparatur menyesuaikan Protokol Kesehatan COVID-19. untuk selanjutnya dilaporkan ke Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan Bagian Organisasi paling lambat tanggal 12 Juni 2020.

Dalam rangka pengawasan atas pelaksanaan penyesuaian sistem kerja ini masing-masing Perangkat Daerah untuk, menyampaikan laporan kerja rekapitulasi kehadiran dan laporan kerja harian ASN atas pelaksanaan Surat Edaran ini.

Menyampaikan laporan pelaksanaan penyesuaian sistem kerja rekapitulasi kehadiran dan laporan kerja harian ASN selama masa WFH terhitung sejak tanggal 20/03/2020 hingga 05/06/2020.

Penyampaian Laporan Kerja sebagaimana dimaksud pada huruf a & b disampaikan dalam bentuk softcopy, kepada Sekretaris Daerah Bagian Organisasi Sekertariat kabupaten Nunukan paling lambat tanggal 26 Juni 2020.

Ketentuan penyesuaian sistem kerja ini berlaku hingga 19 Juni 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Surat Edaran tersebut untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *