Tingkatkan imunitas pasien covid-19, RSUD Sekayu sediakan klinik outdoor

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sekayu – Dengan tujuan meningkatkan imunitas tubuh para pasien yang sedang mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit agar tidak stres dan bisa pulih dengan cepat, kenyamanan pasien Covid-19 di Kabupaten Musi Banyuasin terus dimaksimimalkan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex.

Setelah memfasilitasi perpustakaan online di RSUD Sekayu,sebagai bahan bacaan bagi pasien covid-19, kini Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex kembali melakukan inovasi guna memfasilitasi pasien covid-19. Kali ini, Bupati Muba Dodi Reza menyediakan fasilitas isolasi outdoor di RSUD Sekayu khusus pasien Covid-19.

Pantauan di RSUD Sekayu, Selasa (9/6/2020) tampak beberapa fasilitas isolasi outdoor begitu mempesona, ada ayunan gantung hingga tenda camping yang membuat pasien atau pengunjung yang melihatnya tampak sedang serasa liburan di alam terbuka. Dibawah pepohonan rindang, konsep isolasi outdoor yang diinisiasi Bupati Muba Dodi Reza tersebut sangat membuat pasien covid-19 terhibur dan tidak merasa jenuh selama diisolasi.

“Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu untuk pertama kalinya menyiapkan ruang isolasi outdoor dengan fasilitas seperti perkemahan, fasilitas api unggun, free wi-fi bagi yang menginap selama dirawat ataupun mengikuti isolasi,” terang Dodi

Meskipun outdoor, tetapi tetap diawasi selama 24 secara ketat oleh tim medis, hingga tenda yang dilengkapi dengan peralatan monitor kesehatan berikut obat-obatan jika ada hal hal yang tidak terduga.

“Jadi tujuan semua ini menurut dokter juga seluruh tenaga medis di sini adalah menimbulkan efek positif psikologis terhadap penderita Covid-19, yang selama ini kita tahu bahwa mereka kadang-kadang merasa tertekan secara psikologi. Perasaan dijauhi statement bahwa ini penyakit wabah yang harus dijauhi oleh masyarakat. memperlambat proses penyembuhan mereka jika hal tersebut terus-menerus di biarkan. Jadi ini terapi holistik yang merupakan terapi tambahan diyakini akan memberikan efek psikologis yang baik terhadap pasien, sehingga pasien bisa sembuh lebih cepat tanpa harus mengalami perasaan yang tertekan secara psikologis” tambahnya.

“Biar tidak jenuh saat di isolasi jadi kita siapkan isolasi outdoor dengan beberapa wahana permainan selama pasien dirawat intensif,” ucap Dodi Reza di sela Launching Isolasi Outdoor Covid-19 di RSUD Sekayu, Selasa (9/6/2020).

Dikatakan, kenyamanan pasien merupakan kunci utama agar wabah covid-19 bisa hilang dari tubuh. “Jadi sebisa mungkin kita fasilitasi dengan sesuatu yang nyaman agar pasien tidak stres dan kondisi kesehatannya stabil. dengan konsep isolasi outdoor ini pula membuat masyarakat tidak cemas dan membayangkan sesuatu yang tidak-tidak saat berada di tempat isolasi Covid-19,” ulasnya.

Direktur RSUD Sekayu dr Makson Parulian Purba MARS menyebutkan fasilitas terbaru di RSUD Sekayu dikhususkan bagi pasien Covid-19. “Konsep humanis dan outdoor membuat pasien serasa sedang liburan di alam terbuka, tujuannya buat pasien tidak jenuh dan ini juga terapi bagi pasien Covid-19 supaya tidak stres saat mendapatkan penanganan di tempat isolasi, terlebih saat ini angka pasien sembuh Covid-19 terus bertambah dengan total 6 orang,” terangnya.

Makson menambahkan, adapun fasilitas terbaru di RSUD Sekayu untuk pasien covid-19 yakni diantaranya ruang inap isolasi indoor dengan fasilitas free wifi, olahraga dan sarapan pagi yang humanis, serta program camp pasien Covid-19 di isolasi out door. “Dengan harapan konsep isolasi dan terapi seperti ini membuat kestabilan pasien Covid-19 lebih cepat pulih,” tuturnya.

Lanjut Makson, lokasi isolasi outdoor tersebut berada jauh dari jangkauan publik dan pengunjung rumah sakit sehingga aktifitas pasien Covid-19 di outdoor benar-benar tidak bersentuhan dengan masyarakat lainnya. “Jauh lokasi outdoornya, pasien juga diawasi 24 jam oleh tenaga medis dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Salah satu PDP Covid-19 di RSUD Sekayu mengaku sangat takjub dan mengapresiasi pelayanan serta perawatan di RSUD Sekayu, ini dirasakan dirinya semenjak di isolasi dari awal di RSUD Sekayu. “Saya beserta pasien covid-19 lainnya di RSUD Sekayu ini sangat mendapatkan pelayanan dan perawatan yang maksimal,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan penambahan fasilitas terapi outdoor dengan konsep camping ini membuat pasien Covid-19 lebih bersemangat dan tidak jenuh.

“Terima kasih kepada bapak Bupati Muba Dodi Reza yang sangat konsen memutus rantai penularan wabah Covid-19 dan tak henti-hentinya memfasilitasi pasien covid-19 dengan maksimal,” tandasnya.

 

 

Reporter : Anto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *