Tingkatkan kemampuan, Polres Bangka Barat gelar pelatihan fungsi teknis Reskrim

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bangka Barat – Guna meningkatkan kemampuan personil di Bidang Penyelidikan dan Penyidikan di Satuan Reskrim dan unit Reskrim jajaran Polsek, Polres Bangka Barat menggelar Pelatihan Fungsi Teknis Reskrim di gedung Catur prasetiya Polres Bangka Barat. Rabu (10/6).

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, visi, misi, pola pikir dan pola tindak bagi penyidik Polres Bangka Barat yang bertindak sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegakkan hukum.

Dalam kesempatan itu Kasat Reskrim AKP Andri Eko Setiawan.SH.SIK memberikan penjelasan terkait penyelidikan dengan sasaran orang, benda, tempat, peristiwa atau kejadian dan kegiatan.

“Sedangkan untuk tahapan-tahapan penyelidikan harus mempunyai dasar yang meliputi Laporan Polisi/pengaduan masyarakat, laporan hasil penyidikan dan surat perintah penyidikan,” ujar Kasat Reskim.

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat AKP Andri Eko Setiawan.SH.SIK mengatakan agar semua penyidik memahami prosedur dalam bertindak untuk menyelesaikan suatu perkara tindak pidana hingga tahap II.

“Berkembangnya tingkat dan pola kejahatan yang terjadi saat ini, mulai dari yang bersifat konvensional sampai kejahatan modern apabila kejahatan tersebut terjadi ditengah masyarakat tentunya akan menimbulkan rasa kekhawatiran dan keresahan ditengah masyarakat sehingga kita perlu kerja ekstra untuk menjamin keamanan masyarakat kota Bangka Barat,“ ujarnya.

“Diharapkan semua penyidik harus update peraturan umum dengan teknis tentang peraturan Kapolri, peraturan Mahkamah Konstitusi, Surat Edaran Jaksa Agung, Perda Provinsi dan Kota serta terkait pengawasan penyidikan bagi para penyidik oleh Kasiwas dan Kasie Propam diatur dalam Perkap nomor 4 tahun 2014,” ujar Kasat.

“Terkait data kasus menonjol agar yang belum di selesaikan agar di datakan sehingga di tahun ini agar kita utamakan agar pekerjaan tidak menumpuk,” ujar Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat AKP Andri Eko Setiawan.SH.SIK Seizin Kapolres Bangka Barat AkBP Fedriansyah, SIK mengatakan para peserta pelatihan dalam menghadapi dinamika kehidupan di masyarakat yang semakin dinamis dan kompleks, Polri sebagai institusi yang diberikan kewenangan dan tugas kepolisian, sehingga diharapkan senantiasa membuat terobosan dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

 

 

Reporter : Kiki/Tarmizi Yazid

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *