Surat Edaran Bupati Nunukan atur Proses belajar jarak jauh di masa pandemi Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Memperhatikan dan menindak lanjuti Surat Edaran Bupati Nunukan tentang perpanjang masa belajar di rumah, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara Sudi Hermanto menjelaskan proses belajar mengajar di Rumah.

Sudi Hermanto menjelaskan, mulai tanggal 2 sampai tanggal 3 Juni 2020 dilaksanakan belajar di Rumah, tanggal 4 -11 Juni 2020 masa penilaian akhir semester yang dilaksanakan dari rumah secar daring atau jasa kurir.

Proses semester akhir yaitu dengan melalui aplikasi whatsApp atau melalui kurir yang mengantarkan soal-soal ujian ke Rumah.

Kemudian pada tanggal 14 – 18 Juni 2020, belajar dari rumah terus tanggal 19 – 20 Juni 2020 pembagian raport yang dilakukan melalui email, dan whatsApp dari Wali Kelas dikirim kepada peserta didiknya.

Selajutnya dalam masa belajar di rumah pelaksanaan belajar jarak jauh satuan pendidikan dapat memilih pendekatan daring maupun luring atau kombinasi keduanya sesuai dengan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana.

Bagi Guru, dapat memanfaatkan media sumber belajar pembelajaran jarak jauh masa belajar dari rumah secara daring dapat menggunakan gadget, laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring yang sumber informasi dan tautan yang dapat dilihat dalam lampiran Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No:15 Tahun 2020.

Untuk media dan sumber belajar kurun masa pembelajaran di rumah dapat dilaksanakan melalui televisi, radio, model belajar mandiri dan lembaran kerja bahan ajar cetak dan alat praga serta media belajar dan yang ada di lingkungan sekitar.

Peran guru disini tetap menadu proses pembelajaran dengan penugasan tertulis pembelajaran dari melalui grup whatsApp dan aplikasi lainya orang tua atau wali murid yaitu berperan melakukan pendapingan dan pengawasan kepada putra/putrinya untuk tetap berada dirumah dan memnfaatkan waktu belajar melalui atena uhf,parabola untuk menton televisi atas kerjasama kemedikbud dengan TVRI penyelengaraan belajar secara bersama-sama.

Sementara bagi siswa yang berada di pelosok yang belum terjangkau jaringan Internet, Sudi Hermanto mengatakan, untuk sekolah yang letaknya di daerah yang jauh dari jangkauan internet, maka pihak sekolah menggunakan sistem pembelajaran dengan memberikan tugas kepada murid-muridnya, yaitu mulai tugas belajar yang disesuaikan dengan kondisi wilayahnya.

Saran kepada orang tua siswa, diharapkan untuk orang tua wali murid itu dapat menjaga anak-anaknya dan mendidik anak-anaknya di rumah agar kesehatan dari anak itu sendiri dapat terjaga dan anak merasa tidak liar sehingga orangtua diharapkan dapat mendidik di rumah dengan memperkenalkan lingkungannya sebagai media untuk pendidikannya, pungkas Sudi Hermanto.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *