Koronavirus, Relawan Desa Wajo bersiap gunakan aplikasi eDMC

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Wajo – Dunia digital melanda seluruh relung-relung kehidupan kita. Berbagai perangkat lunak berupa aplikasi dibuat demi memudahkan kehidupan. Dua bulan silam diluncurkan aplikasi lacak virus di Benua Kanguru Australia di tengah merebaknya wabah global koronavirus. Ada pula layanan panduan telepon Covid-19 di negeri lain.

Dunia semakin nirkertas. Wabah koronavirus tak luput dari beragam aplikasi. Desa sebagai garda terdepan pencegahan meluasnya penyebaran Covid-19 di negeri kita juga sudah dirambah oleh aplikasi. Seiring mewabahnya Covid-19, desa-desa di Nusantara membentuk Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari berbagai unsur. Ada perangkat desa, pendamping desa, BPD, tokoh masyarakat, bidan desa, bhabinkantibmas dan babinsa.
Data dan statistik adalah roh dari segala pengambilan keputusan. Sebagai kementerian yang terlibat langsung menangani Covid-19, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meluncurkan Aplikasi eDMC atau Desa Melawan Covid-19.

Tidak ketinggalan para Relawan Desa di Kabupaten Wajo. Rabu dan Kamis (10-11/06/20) lalu diadakan “IST (In Service Training) Penggunaan Aplikasi eDMC Bagi PD, PDTI dan PLD” se-Kabupaten Wajo di Sekretariat P3MD Wajo. Aplikasi ini ditujukan bagi kepala daerah, kepala desa dan para pendamping profesional.

Setelah penggunaan eDMC dipahami oleh para pendamping desa, mereka akan memandu operator eDMC yang ditunjuk di desa. Operator berasal dari salah seorang Relawan Desa yang terbentuk di tengah merebaknya wabah beberapa bulan yang lalu. Salah satu manfaat aplikasi ini adalah menyajikan data dan informasi secara cepat dan akurat dalam pemantauan wabah koronavirus.

Aplikasi ini dirilis merujuk pada Surat Edaran Mendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Desa Melawan Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) dan Human Development Worker.

Pada Senin hingga Rabu (15-17/06/20) nanti para kepala desa atau operator akan dilatih menggunakan aplikasi eDMC secara virtual. Desa-desa sendiri sedang dan akan diberikan kata kunci (password) atau kode desa oleh para pendamping desa dengan sebuah berita acara penyerahan kode desa untuk aplikasi ini. Diharapkan aplikasi ini mempermudah para relawan memantau penanganan Covid-19 di desanya.

Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini di antaranya Laporan Mingguan, Laporan Bulanan, Laporan Triwulan, Diagnostik, Pelajari dan Bagikan, Kegiatan Gugus Tugas, Dukungan Kesehatan, Pendampingan dan Teknis.

 

 

Reporter : Andhy

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *