Gelar Kebaktian, Tim GTPPC-19 Toba monitoring kesiapan 5 Gereja

  • Whatsapp
Tim Gugus Tugas Toba melakukan monitoring kesiapan rumah ibadah.

MITRAPOL.com, Toba –  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Toba melakukan monitoring kesiapan rumah-rumah ibadah kristiani yang akan melakukan kebaktian pada hari Minggu (14/06/2020).

Badan Humas GTPPC-19 Toba, siti nuraya sirait menjelaskan,Pentingnya mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan menjadi perhatian penting dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona di tengah pandemi yang dialami hingga saat ini.

Siti Nuraya Sirait juga mengungkapkan, sosialisasi saat monitoring sesuai Protokol Kesehatan seperti menyiapkan tempat cuci tangan, menghimbau para jemaat untuk memakai masker pada saat kebaktian, mengukur suhu para jemaat yang masuk ke dalam gereja dan mengatur jarak dengan membuat tanda jarak bagi para jemaat yang akan kebaktian sangatlah penting dilakukan.

“Kita sudah sosialisasikan persiapkan untuk kegiatan ibadah besok, mulai dari persiapan petugas mengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan sampai mencek persiapan didalam gereja dalam hal pengaturan jarak serta kapasitas gereja. Itu semua kita check jangan sampai tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Mudah-mudahan yang sudah kita check hari ini bisa berjalan dengan baik. Penyemprotan disinfektan di seluruh gereja ada sebanyak 5 gereja yang kita monitoring hari ini. Kesiapan kita dari petugas kesehatan bersama gugus dan juga dari pengurus gereja, semua dapat berjalan sesuai protokol kesehatan, karena ini merupakan awal ibadah yang tentunya akan berkelanjutan, ini akan tetap kita berlakukan,” terangnya di halaman Gereja HKI Balige Kota, Sabtu (13/06/2020).

Hal senada disampaikan oleh Kabag Kessos Setdakab Toba, Tanda Dongoran, pentingnya pemahaman masyarakat akan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19 sangatlah diperlukan.

“Kunjungan dilakukan dalam rangka memastikan protokol kesehatan dilakukan di rumah ibadah sehingga semua masyarakat Kabupaten Toba dari berbagai kelompok dapat mengerti tentang protokol kesehatan.
Sosialisasi dilakukan agar pihak rumah ibadah dapat memahami pentingnya protokol kesehatan di lokasi rumah ibadah,” terangnya seraya menyebutkan setelah minggu lalu dilakukan monitoring terhadap 3 gereja di Kecamatan Balige selanjutnya kali ini untuk 5 gereja diantaranya GMI manna Balige, HKI Balige Kota, HKBP Paindoan, HKBP Tangga batu, dan HKBP Tampahan.

Protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah ini, sebut Dongoran akan tetap diberlakukan di rumah ibadah secara mandiri.

Untuk pihak gereja tetap menjalankan protokol kesehatan ini, guna mencegah Covid-19 khususnya di Kabupaten Toba ini dan untuk selanjutnya pihak gereja diharapkan menjadi contoh di tengah pelayanan gereja dan meneruskan informasi ini sehingga semua rumah ibadah, gereja dan mesjid, mereka juga dapat melakukan protokol kesehatan.

Penyemprotan disinfektan di lokasi rumah ibadah dilakukan oleh tim gugus dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Hadir saat melakukan monitoring, Camat Balige Pantun J Pardede, Kepala Puskesmas Tandang Buhit Balige dr Freddy Sibarani dan para tim humas gugus tugas.

 

 

Reporter : Abdi. S

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *