Pungut biaya pendaftaran Siswa Baru, Ketua DPRD Mimika minta Dinas Pendidikan panggil pihak Sekolah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Kabar terkait adanya penerimaan murid baru di beberapa sekolah baik yang bergerak dari sekolah swasta maupun sekolah negeri di Kabupaten Mimika, Papua dengan memungut biaya pendaftaran murid baru.

Hal ini menjadi perhatian serius dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Papua.

Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng kepada wartawan Senin, 15 Juni 2020 menyatakan, pihak sekolah yang berani memungut biaya pendaftaran siswa baru ditengah Pandemi Covid-19 saat ini boleh dikatakan itu adalah pungutan liar. Tak tanggung-tanggung, Ketua Dewan di Kabupaten Mimika ini dengan tegas meminta kepada Dinas Pendidikan setempat untuk memanggil sekolah-sekolah tersebut untuk mengklarifikasi.

“Kalau itu benar adanya (bayar biaya pendaftaran di sekolah-red), maka itu merupakan pungutan liar. Kami minta Dinas Pendidikan untuk segera memanggil sekolah-sekolah tersebut untuk mengklarifikasi,” kata Ketua DPRD Mimika, Robby K. Omaleng kepada wartawan di Kantor DPRD Mimika, Senin, (15/6).

Dirinya menjelaskan, terhadap sekolah yang berlabel negeri tidak diperbolehkan sama sekali untuk memungut biaya pendaftaran siswa baru, lantaran pemerintah daerah sudah membebani, disamping itu dibantu dengan anggaran negara dalam hal pendidikan.

Namun bagi sekolah swasta, menurut Ketua DPRD, pun tidak boleh mengambil kesempatan untuk memungut biaya pendaftaran siswa dengan jumlah yang besar.

“Kalaupun ada (pungutan biaya pendaftaran-red) di sekolah swasta, jangan sampai membebani orangtua siswa dengan biaya mahal, apalagi dimasa wabah Covid-19 saat ini,” pungkasnya.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *