PMI : Stok Darah di Maluku Utara minim

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku Utara (Malut) masih minim, paska pemberlakuan New Normal.

Menurut dr. Tuthanurani Nachrawy, stok darah di era New Normal untuk Kota Ternate belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang hampir setiap saat membutuhkan darah.

Sehingga di Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni kemarin, PMI Malut memeriahkan sebuah kegiatan dengan selogan ‘Darah Yang Aman Selamatkan Jiwa’.

“Hari ini PMI Kota Ternate melaksanakan kegiatan donor darah sebagai gerakan kemanusiaan. Biasanya dalam sebulan kebutuhan darah bisa sampai 400 kantong,” katanya, Selasa (16/6/2020).

“Data yang kami peroleh, stok darah di UTD PMI Ternate sebanyak 77 katong. Sementara yang terpakai 70 katong untuk pasien dan yang tersisa di UTD PMI Ternate 7 Katong,” sambung Nurani.

Salah satu relawan PMI Malut, Wawan Saudi mengatakan, situasi selama pandemi mempengaruhi turunnya minat pendonor.

Wawan optimistis, peringatan hari donor darah sedunia ini menjadi momen menumbuhkan kembali minat pendonor yang selama ini rutin ke PMI.

“Untuk memenuhi kebutuhan darah di tengah pandemic corona virus (covid-19), PMI Maluku Utara akan terus melakukan kegiatan untuk memenuhi jumlah stok darah yang targetkan,” ucap Wawan.

Kegiatan donor darah ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan. Rencana di Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tanggal 18 Juni, dan Polda Maluku Utara tanggal 23 Juni mendatang.

 

 

Tim

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *