Desa Mawokauw Jaya, Kabupaten Mimika salurkan dana BLT-DD ke 146 KK

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pemerintahan Kampung atau Desa Mawokauw Jaya, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua pada hari ini Kamis, 18 Juni 2020 menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Tahap. 1 kepada 146 Kepala Keluarga (KK). BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) Kampung Mawokauw Jaya tersebut tersalurkan tahap pertama dengan presentase 40%.

Edyson Rafra selaku Kepala Kampung Mawokauw Jaya mengatakan, nama-nama penerima BLT tahap satu berjumlah 146 orang, dan dimasukkan sesuai kesepakatan bersama dalam musyawarah antara Bamuskam, Aparat kampung, Bhabin Kamtibmas, Babinsa dan Ketua-Ketua RT/RW di wilayah setempat.

“Kampung Mawokauw Jaya menerima Dana Desa TA.2020 berjumlah lebih Rp. 857 juta. Dari jumlah yang ada untuk BLT tahap satu atau 3 bulan pertama berjumlah Rp. 262.800.000 kepada 146 KK dengan jumlah per KK Rp.600ribu dan untuk 3bulan ke-dua atau tahap kedua sebesar Rp.131.400.000 denngan pembagian per KK Rp.300 ribu,” kata Edyson Rafra dalam sambutanya, Kamis (18/6/20).

Rafra juga menyebut, sebelumnya sebanyak 798 warganya telah menerima bantuan lainya yakni, bantuan Sembako oleh Pemkab Mimika, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sehingga dirinya berharap agar bantuan BLT yang diberikan secara terbatas tersebut dapat dipahami oleh warga. Dimana diprioritaskan bagi nama-nama yang telah dirembuk bersama.

Ditempat yang sama, Hairullah selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Kampung pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika mengapresiasi pemerintahan kampung Mawokauw Jaya yang telah mengelola Dana Desa secara terbuka dan transparan hingga saat ini.

Dirinya juga menyebut, sesuai pengamatanya bahwa, proses pemasukan nama penerima manfaat BLT di Mawokauw Jaya telah dilakukan sesuai aturan dan mekanisme yang ditetapkan.

“Dana Desa wajib diawasi oleh seluruh warga Kampung Mawokauw Jaya, kalau ada warga yang menerima ternyata kurang dari Rp. 600 ribu per KK, maka silahkan pertanyakan ke Kepala Kampung,” kata Hairullah dalam sambutanya.

Dirinya juga kepada MITRAPOL mengutarakan, Bantuan BLT ini diproyeksikan selama enam bulan berjalan, yakni 3 bulan pertama warga menerima Rp.600 ribu per KK, dan 3 bulan ke-dua warga menerima Rp. 300 per KK.

Dirinya menjelaskan, secara keseluruhan di Kabupaten Mimika, Papua sebanyak 26.111 kepala keluarga (KK) yang tercatat menerima dana bantuan langsung tunai BLT dari alokasi Dana Desa selama 6 bulan terhitung sejak bulan Mei 2020. Dengan jumlah Anggara lebih dari 70 miliar rupiah.

“Penerima BLT diprioritaskan kepada keluarga yang tidak mampu dan belum mendapatkan bantuan sama sekali ditengah pandemi Covid-19,” terangnya.

Kabid Pemberdayaan Kampung juga berharap agar pembagian dana BLT-DD tersebut disalurkan kepada nama-nama warga yang telah disepakati melalui keputusan bersama dalam musyawarah khusus di kampung-kampung setempat.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *