Hendri S.Pd : Keterlambatan pencairan Dana Bos karena masalah Juknis dan perubahan transfer

  • Whatsapp
Kasi Pendidikan Dasar dan Menegah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Hendri S.Pd, saat diwawancarai wartawan Mitrapol Yusuf Palimbongan

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kasi Pendidikan Dasar dan Menegah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Hendri S.Pd menjelaskan masalah keterlambatan pencairan dana BOS tahun 2020 yang menurut informasi dikarenakan faktor Pandemik Covid-19. Rabu (17/06/2020).

Menurut Hendri S.Pd, bahwa keterlambatan pencairan Dana Bos sebenarnya dikarenakan dengan masalah juknis, itu yang pertama.

Persoalan yang kedua, berkaitan dengan adanya perubahan transfer dari pusat yang langsung ke rekening sekolah, itu harus mengacu pada juknis BOS Nomor : 8 Tahun 2020 dan juga dalam perubahan pada juknis masalah berkaitan dengan Covid-19, Nomor 19 Tahun 2020.

Untuk tahap kedua ini, menurut informasi dari Kementerian semua sudah diproses, kita sekarang dalam tahap pencairan kedua untuk wilayah Kabupaten Nunukan ini ada sekitar 8 sekolah dan termasuk SMA.

Dan ada 21 untuk wilayah kita yang sudah cair tahap kedua untuk selainnya itu menunggu dari Kementerian langsung.

Berkaitan dengan sekolah kita dan kabupaten sebenarnya sudah siap artinya segala apa yang kita sudah upayakan untuk persyaratan pencairan itu sudah tergantung sekarang bagaimana dari pusat.

Bukan hanya Kabupaten Nunukan saja yang mengalami keterlambatan pencairan tapi, tapi ini secara Nasional atau seluruh Indonesia bahkan sampai saat ini masih ada beberapa wilayah kabupaten itu belum cair tahap pertama.

Lanjut Hendri, pencairan Dana Bos tahap kedua mengacu kepada Juknis No : 8 Tahun 2020, tahap pertama itu dicairkan untuk setiap sekolah SD dan SMP sekitar 30% dari anggaran yang diterima oleh sekolah sesuai dengan jumlah siswanya.

Kalau untuk tahap kedua ini sekitar 40% nanti di cairkan dan nanti di lanjut lagi untuk tahap ketiga 30% nya

Menurut Hendri bahwa untuk aturan sekarang bertahap kalau dulu ada sistem triwulan tetapi sekarang mengacu kepada Juknis itu pertahap tahap pertama itu diperlakukan dari Januari – Maret, tahap kedua dari bulan April ke Agustus.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *