Tok !!! Musrenbang perubahan RKP dan APB Desa Kaliprau disetujui warga

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pemalang – Wabah Covid-19 di Indonesia tiga bulan terahir melumpuhkan perekonomian dari tingkat Nasional sampai tingkat desa, Semua pembangunan dipending secara serentak demi percepatan penanganan wabah covid-19, termasuk pembangunan infrastruktur di Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Kamis, 18 Juni 2020 pemerintah desa Kaliprau menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) perubahan RKP dan APB Desa tahun 2020 di aula Balai Desa Kaliprau, musrenbangdes dihadiri oleh perangkat desa, kepala dusun, ketua RT dan ketua RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan perwakilan perempuan.

Hadir pula dalam acara tersebut, Pendamping Desa Kecamatan Ulujami Khafidhun Naim, SHI, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Indah Kurniasih, S.IP, dan perwakilan Unsur BPD Sa’roni.

Kepala Desa Kaliprau, Purwadi dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih kepada para musyawirin yang hadir dan juga meminta para musyawirin nantinya dapat menyampaikan hasil musrenbang ini ke warga desa kaliprau, dengan tujuan agar semua warga mengetahui hasil dari pertemuan kali ini.

Kepala Desa juga meminta partisipasi aktif dari perangkat RT dan RW untuk menjelaskan secara detail kepada masyarakat tentang sumber bantuan sosial penaganan covid-19 dan siapa penerima, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan miskomunikasi.

Lanjutnya, Karena dengan anggaran yang ada jika dibagi seluruh Kepala Keluarga yang ada di desa tidak akan cukup. Semua bantuan ada kriteria penerimanya, terlebih bantuan yang bersumber dari provinsi dan pusat, pihak desa sifatnya hanya mengusulkan dan akan dilakukan verifikasi oleh pihak terkait.

Dalam musrenbangdes perubahan yang dipimpin oleh kepala desa Purwadi, menyampaikan beberapa hal penting terutama untuk pembangungan fisik yang rencanaya akan dilaksanakan tahun 2020, namun terpending dan akan dianggarkan kembali di tahun 2021.

Rencananya, Desa Kaliprau akan melakukan delapan program prioritas di tahun 2020, masing-masing antara lain : Pengaspalan jalan pantai indah Kaliprau, rabat beton lingkar selatan yang berada dilingkungan RT. 01 RW.04 dan RT.02 RW.04, Talud untuk dusun 3, drainase untuk dusun 1.

Kemudian, Jambanisasi, drainase untuk dusun 4 (RW.05 dan RW.06), rehabilisasi pasar desa, dan gapura untuk masing-masing gang yang ada di desa kaliprau.

 

Pembangunan infrastruktur tersebut yang rencananya akan direalisasikan pada tahun anggaran 2020 sebagian terpending karena anggaran terpotong untuk penanganan wabah covid-19 di desa kaliprau.

Penanganan wabah covid-19 di desa kaliprau, masing-masing untuk Penyaluran BLT selama tiga bulan berjumlah 516.600.000 rupiah (1,8 juta untuk 287 KPM), penanggulangan dan pencegahan covid-19 sebesar 86.630.400 rupiah, dan penyaluran BLT perluasan sebesar 178.786.900 rupiah. Untuk penyaluran BLT perluasan masih menunggu peraturan bupati Pemalang.

Peserta Musrenbangdes menyepakati perubahan RKP/ APBDES tahun 2020, bahwa akan melaksanakan tiga program pembangunan fisik dari delapan program pembangunan, masing-masing pembangunan fisik yang akan tetap dilaksanakan pada tahun 2020 antara lain Dreainase untuk dusun 1, Jambanisasi, Rehabilitasi Pasar desa.

Menurut kepala desa, ketiga program tersebut sangat penting didahulukan, drainase untuk dusun 1 karena untuk mencegah banjir langganan, Jambanisasi penting untuk masyarakat dalam upaya hidup sehat, dan rehabilitasi pasar desa untuk menghidupkan kembali perekonomian desa.

“Untuk pasar desa, nanti akan di buatkan semacam lapak untuk pedagang, terutama untuk pelaku UMKM yang ada di desa kaliprau”. Tutur Purwadi.

Ketiga program pembangunan fisik tersebut menelan anggaran sebesar 522.186.600 rupiah. Dan untuk lima pembangunan fisik yang terpending akan dianggarkan kembali pada tahun 2021.

Kesepakatan hasil musrenbangdes ditandai dengan penandatanganan berita acara hasil musrenbangdes oleh Kepala Desa Purwadi, Unsur BPD Sa’roni dan perwakilan dari masyarakat Drs. Nasrudin

 

 

Reporter : Rizqon Arifiyandi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *