Keluar masuk Timika gunakan Pesawat dan Kapal cukup Rapid Tes, apakah Gratis? begini penjelasanya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Reynold Ubra selaku juru bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menyatakan, saat ini Pemkab Mimika sedang menerapkan masa adaptasi hidup baru ditengah pandemi Covid-19 atau menuju ke arah tatanan kehidupan baru alias New Normal.

“Saat ini kita belum masuk tatanan kehidupan baru atau New Normal. Akan tetapi masih dalam masa adaptasi untuk menuju New Normal,” kata Reynold Ubra.

Menurutnya sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Kabupaten Mimika hingga saat ini terhitung masuki 89 hari berjalan, pihaknya sudah mulai melihat penurunan curva kasus Covid-19.

Ubra juga menyebutkan, warga mimika khusunya bagi pelaku perjalanan yang hendak dari dan ke wilayah Kabupaten Mimika dengan menggunakan jasa penerbangan/pesawat maupun jasa angkutan laut/kapal, saat ini cukup dengan menunjukkan hasil pemeriksaan Rapid Tes/Tes anti body saja.

Melalui video conference, jubir menginformasikan bahwa, jadwal pelayanan pemeriksaan Rapid Tes bagi pelaku perjalanan luar Timika mulai dibuka pada Senin, 22 Juni 2020 bertempat di 8 Puskemas yang tersebar di Timika.

“Mulai hari Senin tanggal 22 Juni besok, pelaku perjalanan luar Timika sudah boleh mengakses layanan Rapid Tes di Puskemas Timika, Puskesmas Timika Jaya, Puskesmas Pasar Sentral, Puskesmas Wania, Puskesmas Mapurjaya, Puskesmas Yiliale, Pukesmas Binuasri, dan Puskesmas Bintuka,” kata Reynold Ubra selaku Jubir Covid-19 Mimika kepada wartawan melalui video conference yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Mimika, Sabtu, (20/6) malam.

Dirinya menjelaskan bahwa, pemeriksaan Rapid Tes tidak dipungut biaya alias gratis. Namun itu hanya berlaku bagi penduduk Mimika yang tidak melakukan perjalanan luar daerah. Adapun yang keluar Timika digratiskan biaya RDT bagi pelaku perjalanan Dinas dan Pelajar. Lain dari itu dikenakan biaya Rapid Tes atau Tes Anti Body.

“Gratis biaya pemeriksaan Rapid Tes hanya dikhususkan kepada pegawai ASN, TNI-Polri yang melakukan perjalanan dinas, kemudian pelajar dan mahasiswa yang bertujuan kembali ke tempat sekolah/kuliah. Dan bila ada mayat yang hendak dibawa keluar Timika, maka maksimal 2 orang pengantar digratiskan mengikuti pemeriksaan Rapid Tes,” terang Ubra.

Untuk diketahui, update Covid-19 Mimika per hari Sabtu, (20/6) jumlah kumulatif orang yang terinfeksi Covid-19 sebanyak 361 kasus. Dengan rincian, 114 kasus aktif, kemudian 241 orang berhasil sembuh, dan 6 orang tercatat meninggal dunia.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan PDP aktif sebanyak 18 orang, kemudian orang dalam pemantauan ODP aktif berjumlah 587 orang, dan orang tanpa gejala OTG saat ini tersisa 1072 orang.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *